Mobil MPV Ini Taklukkan Ajang Reli Nasional

Mitsubishi Xpander AP4
Sumber :
  • Dok: MMKSI

VIVA – Reli menjadi salah satu olahraga otomotif, yang tidak hanya menguji kemampuan mekanik untuk merancang mesin kencang saja. Dibutuhkan kemampuan dan nyali besar dari pembalap, agar bisa keluar sebagai pemenang.

Hal itu yang terjadi pada ajang Fortuna Nusantara Tropical Sport Rally 2021, yang diadakan di Tanjung Lesung, Banten pada akhir pekan kemarin.

Uniknya, juara dari lomba tersebut bukan mobil jenis sedan atau sport utility vehicle, melainkan multi purpose vehicle Mitsubishi Xpander AP4. Pengemudinya bukan orang baru di dunia reli, yakni Rifat Sungkar.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman YouTube Rifato, Selasa 13 April 2021, Rifat mengaku bahwa pengembangan yang dilakukan pada Xpander sangat banyak.

Prosesnya mulai dari mengubah titik distribusi untuk mendapatkan pengendalian yang prima, mengganti mesin hingga memasang berbagai peranti pengatur sistem kelistrikan yang sangat canggih.

Sama seperti balap pada umumnya, Australia Pacific AP4 Rally juga memiliki banyak sekali aturan, seperti bobot minimal hingga kapasitas mesin maksimal.

“Untuk mesin 1.600cc, bobotnya minimal 1.230 kilogram. Kalau mesin 1.800cc, beratnya 1.300 kg. Mobil ini overweight, 1.350 kg,” ujarnya.

Meski demikian, Rifat mengaku hal itu tidak jadi masalah karena ia sudah mendesain titik distribusi yang ideal. Posisi jok dimundurkan 20 centimeter, demikian pula dengan kaca spion.

“Posisi duduk saya ada di pilar B, supaya weight distribution lebih baik. Kaca samping dan belakang ganti jadi plexiglass, total selisih berat dengan kaca biasa sekitar 8 kg,” tuturnya.

Demikian pula dengan mesin, yang diambil dari Mitsubishi Evolution. Rifat menjelaskan, hal itu sah-sah saja asalkan sesuai dengan aturan.

“Yang penting bagaimana memanfaatkan tenaganya, bukan berapa tenaga yang dihasilkan dari mesin,” ungkapnya.