Peminat Mobil SUV Seharga Avanza Membeludak

New Mahindra Thar
Sumber :
  • Motoroids

VIVA – Pada pertengahan tahun lalu, Mahindra resmi meluncurkan mobil baru mereka yang masuk dalam segmen sport utility vehicle atau SUV.

Kendaraan itu merupakan pengembangan terbaru dari model yang pernah ada sebelumnya, dan sampai saat ini masih jadi produk ikonik di India, yakni Mahindra Thar.

Tampilan luarnya mengingatkan akan Jeep Wrangler, lengkap dengan ban besar dan bentuk agak kotak. Mobil dengan tiga pintu ini memakai desain lampu bulat dan garis grille yang jaraknya agak renggang.

Mahindra mengklaim bahwa interior Thar sudah memilik sertifikat IP54, sehingga pengemudi tidak perlu khawatir jika melewati sungai dengan kedalaman lebih dari 65 sentimeter yang membuat air masuk ke dalam kabin.

Meski sama-sama jadi incaran, namun harga yang ditawarkan bak bumi dan langit. Wrangler Rubicon dibanderol lebih dari Rp1,5 miliar, sementara harga Thar ada di kisaran 1 juta Rupee atau Rp194 jutaan, setara dengan Toyota Avanza.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cartoq, Rabu 14 April 2021, ruang dan fitur yang ditawarkan Thar generasi baru jauh lebih banyak ketimbang versi lama. Contohnya power steering, speaker antiair, sistem hiburan dengan layar sentuh, dan cruise control.

Kurang dari tiga pekan saat peluncuran perdana, mobil ini sudah dipesan oleh 15 ribu konsumen. Saat ini, total antreannya sudah lebih dari 50 ribu unit dengan waktu tunggu mencapai 9 bulan.

Meski telah menambah kapasitas produksi sebanyak 50 persen, namun Mahindra mengaku hal itu tidak sebanding dengan jumlah pesanan baru yang masuk.

Hal lain yang juga mengganggu proses pengiriman unit ke pelanggan, yakni mulai menipisnya stok semikonduktor dan besi. Ini adalah masalah yang tengah dihadapi oleh banyak pabrikan otomotif di seluruh dunia.