Mengenang Eks Mobil Termurah di Indonesia

Chery QQ ditawarkan di laman jual beli mobil bekas.
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA – Pasar otomotif Indonesia pernah diramaikan oleh beberapa mobil, yang dijual dengan harga sangat terjangkau. Banderolnya kala itu, setara dengan sepeda motor yang dipasarkan saat ini.

Sebagai contoh, pada 1995 ada Timor S515 yang digadang-gadang bakal jadi mobil nasional. Namun, nasib kendaraan yang dibanderol Rp30 jutaan itu kurang beruntung akibat adanya krisis ekonomi.

Lalu di era 2000-an, beberapa produk kendaraan asal China membanjiri pasar. Salah satunya yakni Chery, yang saat itu menggandeng Indomobil Group untuk bisa hadir di Tanah Air.

Ada dua model yang ditawarkan kepada konsumen, yakni Chery QQ serta Chery Tiggo. Unit didatangkan dari luar negeri dalam wujud completely knock down atau CKD, di mana komponen diimpor untuk kemudian dirakit menjadi mobil utuh.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Cheryinternational, Jumat 21 Mei 2021, perusahaan milik pemerintah China tersebut pertama kali beroperasi di Indonesia pada 2006.

Produk yang kala itu jadi andalan mereka adalah mobil mungil Chery QQ, kapasitasnya lima orang dan masuk dalam kategori city car.

Dimensinya mirip dengan Daihatsu Ceria, namun bagian depan QQ cenderung bulat. Kendaraan ini awalnya ditawarkan dengan mesin 800cc, namun kemudian tersedia versi 1.100cc.

Selain bentuknya yang menarik, daya tarik lain dari mobil ini adalah harga jualnya, yang saat itu dibanderol Rp70 jutaan. Angka ini jauh lebih murah dari para pesaingnya, yang dipasarkan Rp90 jutaan.

Kini, unit bekasnya masih ditawarkan di laman jual beli mobil online. Harga jualnya bervariasi, tergantung tahun pembuatan serta kondisi. Rata-rata angkanya ada di kisaran Rp35-45 juta.