Hari Pertama Dijual, Mobil Ini Laku 20 Ribu Unit

Mobil Ford F-150 Lightning
Sumber :
  • Dok: Ford

VIVA – Adanya pandemi membuat para pabrikan mobil menurunkan target angka penjualan, karena daya beli yang masih menurun. Namun, ada juga yang panen pesanan di hari pertama peluncuran produk baru.

Hal itu dialami oleh Ford, produsen otomotif asal Amerika Serikat yang menjadi perintis dari industri perakitan kendaraan secara massal.

Mereka baru saja membuka selubung generasi terbaru dari pikap kabin ganda yang sudah jadi andalan sejak 40 tahun lalu, yakni F-150 Lightning.

Kendaraan yang oleh warga AS biasa disebut dengan truk ini tidak lagi menggunakan mesin konvensional yang kapasitasnya besar dan boros bahan bakar.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Electrek, Sabtu 22 Mei 2021, Ford memasang dua motor listrik berkekuatan 563 daya kuda serta torsi lebih dari 1.000 Newton meter. Besarnya tenaga tersebut, membuat mobil ini bisa mencapai kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu empat detik saja.

Meski dirancang untuk membawa barang yang berat, namun suspensi belakang F-150 Lightning sudah menganut sistem independent, sehingga memberikan kenyamanan lebih saat perjalanan.

Photo :
  • Dok: Ford

Dua baterai Lithium dipasang untuk menyimpan energi listrik. Saat terisi penuh, maka mobil bisa dikemudikan sejauh lebih dari 400 kilometer.

Chief Executive Officerr Ford, Jim Farley mengatakan bahwa saat hari pertama peluncuran, ada 20 ribu orang yang langsung memesan kendaraan gagah tersebut.

Memasuki hari kedua, angkanya menjadi 44 ribu unit. Ford F-150 Lightning dipasarkan dengan harga mulai dari US$40 ribu atau setara dengan Rp574 juta.