Konsumsi BBM Rival Fortuner Setara Mobil LCGC

Hyundai Alcazar
Sumber :
  • Hyundai

VIVA – Mobil yang mengusung desain sport utility vehicle atau SUV, umumnya dibekali dengan mesin berkapasitas 1.500cc atau lebih. Contohnya Toyota Fortuner, yang hadir dalam versi mesin diesel 2.400cc dan bensin 2.700cc.

Jantung pacu berkapasitas besar dibutuhkan, supaya mampu menggerakkan bodi kendaraan yang memakai material tebal dan kokoh.

Hal ini berdampak pada angka konsumsi bahan bakarnya, di mana rata-rata Fortuner bermesin diesel mencatat angka 16 kilometer per liter untuk perjalanan ke luar kota.

Namun, mobil baru yang akan meluncur besok dan digadang-gadang bakal bersaing dengan model andalan Toyota itu ternyata memiliki angka konsumsi BBM yang lebih irit.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Rushlane, Rabu 16 Juni 2021, kendaraan yang dimaksud adalah Hyundai Alcazar dan diposisikan untuk mengisi segmen SUV.

Proses pembukaan selubung bakal dilakukan Kamis besok di India. Selain Fortuner, Alcazar juga akan bersaing dengan Tata Safari dan MG Hector Plus.

Photo :
  • Gaadiwaadi

Hyundai Alcazar bakal tersedia dalam dua versi mesin, yakni 1.500cc diesel dengan tambahan turbocharger serta 2.000cc bensin. Versi pertama bisa menghasilkan tenaga 113 daya kuda serta torsi 250 Newton meter.

Sementara, model yang memakai mesin bensin memiliki kemampuan 157 daya kuda dan torsi 171 Nm. Masing-masing versi tersedia dalam pilihan transmisi manual maupun otomatis.

Untuk mesin diesel, Hyundai mengklaim bahwa konsumsi BBM mobil baru tersebut bisa mencapai 20,4 kilometer per liter. Angka ini setara dengan kendaraan low cost green car yang dipasarkan di Indonesia. Sedangkan, mesin bensinnya mampu menempuh jarak 14,5 km per liter.

Sudah bisa dipesan di diler-diler Hyundai di India, perkiraan harga untuk Alcazar yakni 1,4-1,7 juta Rupee atau sekitar Rp270-370 jutaan.