Jadi Rival Toyota Voxy, Ini Spesifikasi dan Harga Hyundai Staria

Hyundai Staria
Sumber :
  • Carscoops

VIVA – Belakangan ini nama Hyundai Staria jadi sorotan para pencinta dunia otomotif, termasuk di Indonesia. Kendaraan yang masuk dalam kategori multi purpose vehicle atau MPV itu, baru saja resmi dipasarkan di Thailand.

Ada dua tipe Hyundai Staria yang ditawarkan, harganya mulai dari 1,729 juta Baht atau setara Rp767 jutaan. Perbedaan dengan tipe yang lebih mahal ada di bagian fitur keselamatan dan hiburan.

Sampai saat ini, pihak PT Hyundai Motors Indonesia belum mengumumkan apapun terkait kehadiran Hyundai Staria. Meski demikian, bocoran akan kedatangan MPV mewah tersebut sudah ada.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Selasa 13 Juli 2021, nama Staria sudah didaftarkan oleh pihak Hyundai Motor Company.

Photo :
  • Carscoops

Mobil ini juga sudah pernah didatangkan ke Indonesia, terbukti dari adanya Nilai Jual Kendaraan Bermotor yang hanya bisa didapatkan apabila sudah melewati proses uji tipe di Kementerian Perhubungan.

NJKB untuk Hyundai Staria adalah Rp450 juta, sedangkan Toyota Voxy yang sama-sama masuk dalam segmen MPV pintu geser angkanya Rp383 juta.

Saat ini Voxy ditawarkan dengan banderol Rp510 jutaan on the road Jakarta, sehingga kemungkinan harga jual Hyundai Staria lebih dari Rp560 jutaan.

Photo :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

Terkait spesifikasi, Hyundai Staria memiliki dimensi panjang 5.253 milimeter, lebar 1.997 mm dan tinggi 1.990 mm. Angka tersebut lebih besar dari Voxy, yang diketahui panjangnya 4.710 mm, lebar 1.735 mm dan tinggi 1.835 mm.

Jarak terendah ke tanah keduanya juga berbeda, Staria 186 mm sedangkan Voxy 165 mm. Artinya, mobil buatan Hyundai tersebut bisa lebih aman melewati genangan air.

Toyota membekali Voxy dengan mesin bensin 2.000cc bertenaga 150 daya kuda dan torsi 193 Newton meter. Sementara, Hyundai Staria memakai mesin diesel 2.200cc turbocharger yang memiliki performa 175 dk serta torsi 431 Nm.

Voxy masih memakai velg ukuran 16 inci, sedangkan Staria tipe terendah 17 inci dan yang paling mahal menggunakan 18 inci. Tipe termewahnya juga sudah dilengkapi dengan Advanced Driver Assistance System atau ADAS.