Evakuasi Truk Terjebak Lumpur Ini Bikin Warganet Emosi

Aksi truk dievakuasi oleh seekor gajah.
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA –  Truk menjadi salah satu kendaraan, yang memiliki peranan penting bagi pembangunan negeri. Dimensinya yang besar ideal digunakan untuk membawa benda dalam jumlah banyak, mulai dari pasir hingga batu.

Kendaraan komersial ini juga dimanfaatkan sebagai transportasi pengangkut bahan keperluan sehari-hari, dari desa ke kota maupun sebaliknya.

Supaya bisa digunakan di berbagai jenis medan, biasanya kendaraan ini dibekali dengan fitur khusus seperti ban untuk semua keperluan serta mesin dengan torsi besar.

Namun, terkadang truk juga bisa terjebak di kubangan atau jalur lumpur sehingga tidak bisa bergerak. Satu-satunya cara agar bisa melanjutkan perjalanan, yakni dengan ditarik menggunakan kendaraan lain yang kemampuannya setara.

Tapi, tidak demikian dengan truk yang satu ini. Dilansir VIVA Otomotif dari laman Instagram @smart.gram, Senin 19 Juli 2021, kendaraan bongsor ini dievakuasi dari lokasi sulit menggunakan tenaga hewan.

Pada video yang diunggah, terlihat truk tersebut ditarik oleh seekor gajah dewasa yang ukurannya setara dengan kendaraan itu. Hewan berbelalai tersebut tampak mengerahkan seluruh tenaga, supaya beban yang ditambatkan pada tali di tubuhnya bisa ditarik.

Proses evakuasi itu berjalan cukup lancar, tampak truk bisa pindah dari posisi sebelumnya. Tapi, tayangan itu kemudian dibanjiri kritikan oleh warganet.

Mereka mengatakan, bahwa tidak seharusnya hewan digunakan untuk membantu alat yang selama ini dipakai untuk merusak lingkungan.

“Kasian gajahnya,” tulis salah satu warganet.

“Koq tega harus narik truk bgtu, manusia gak punya hati,” kata warganet lain.