Cerita Kelam Mobil-mobil Legendaris di Indonesia

Datsun 280ZX eks Paul Newman.
Sumber :
  • Hiconsumption

VIVA – Tidak banyak yang tahu, bahwa zaman dahulu Indonesia pernah kedatangan beberapa mobil yang masuk dalam kategori legendaris.

Hal itu diungkapkan pembalap senior Rifat Sungkar, melalui akun Instagram miliknya. Dikutip VIVA Otomotif Sabtu 24 Juli 2021, Rifat mengatakan bahwa kendaraan tersebut merupakan model yang dirancang untuk balap reli Grup B.

“Group B adalah Mobil rally tergila sepanjang masa dan mobil-mobil itu "pernah ada" di Indonesia,” tulisnya.

Suami dari aktris Sissy Priscillia bercerita, bahwa saat ini nasib dari mobil-mobil itu tinggal kenangan. Sebab, sejak dahulu budaya untuk melestarikan sejarah otomotif di Tanah Air sangat minim.

“Sekarang semua tinggal cerita, kenapa? Karena regulasi cagar budaya melindungi history otomotif di Indonesia masih sangat lemah,” tuturnya.

Rifat mengungkapkan, ada beberapa mobil legenda balap yang pernah hadir di Indonesia namun kemudian dijual kembali dengan harga yang tidak pantas.

“Semua cuma dianggap "besi tua" dan akhirnya barang-barang ini di beli murah oleh orang luar dan sampai di negara sana harganya bisa 20-30x lipat,” ungkapnya.

Salah satu contohnya, kata Rifat yakni Datsun 280ZX yang pernah jadi andalan aktor sekaligus pembalap Paul Newman. Mobil yang dibekali mesin enam silinder 2.800cc dan turbocharger itu, saat ini statusnya berada di balai lelang dengan harga selangit.

“280z Ex Paul Newman yang ada di sentul ex Chandra Alim di jual dengan harga Rp25jt dan sekarang mobil itu ada di Amerika dan mobil yang serupa masuk balai lelang dengan estimasi US$500.000 (Rp7,2 miliar),” ujarnya.

Demikian pula dengan BMW CSL yang sering disebut Batmobile, di mana mobil tersebut pernah tenar di area balap Ancol dan saat ini statusnya berada di Inggris.

“Ada BMW CSL Bat Mobile ex balap ancol di beli dengan harga 75jt, sekarang mobil itu ada di UK dengan estimasi £350.000 (Rp6,9 miliar),” jelasnya.

BMW CSL Batmobile

Photo :
  • Autoevolution