Mobil Nissan Langka Dilelang Rp11 Jutaan

Nissan Urvan lansiran 1983 yang dilelang BPOM.
Sumber :
  • Lelang.go.id

VIVA – Indonesia dikenal sebagai salah satu negara, yang menjadi surga para penggemar mobil klasik. Hal ini karena pada zaman dahulu cukup banyak unit yang didatangkan dari luar negeri.

Bahkan, ada beberapa model yang masuk kategori legendaris, seperti Datsun 280ZX yang pernah jadi andalan mendiang aktor Hollywood Paul Newman di lintasan balap.

Tak hanya itu, saat ini juga masih ada mobil klasik yang statusnya langka dan modelnya tidak banyak diketahui orang. Contohnya, seperti yang akan dilelang oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Lelang.go.id, Senin 26 Juli 2021, mobil yang dimaksud adalah Nissan Urvan lansiran 1984 yang masuk dalam kategori light commercial vehicle atau LCV.

Kendaraan yang juga dikenal dengan nama Nissan Caravan ini memiliki banyak bangku, dan biasa digunakan untuk keperluan mengantar penumpang dari satu kota ke kota lain.

Mobil ini adalah milik Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM, dan bakal dilelang pada Kamis 29 Juli mendatang. Kondisi kendaraan dibekali Surat Tanda Nomor Kendaraan atau STNK, namun tidak ada Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB.

“Mobil Nissan tahun 1984 nopol B 8074 DX (hanya STNK tanpa BPKB),” tulis Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Jakarta II.

Uniknya, mobil ini terdaftar di Samsat dengan nama Nissan Patrol, yakni mobil sport utility vehicle atau SUV yang statusnya saat ini juga terbilang langka. Harga pembukaan saat lelang yakni Rp11,9 jutaan.

Sebagai informasi, Nissan Urvan memiliki dimensi panjang 4,3 meter, lebar 1,69 meter dan tinggi 1,95 meter. Meski panjangnya kurang dari 4,5 meter, namun bentuk kotak membuat kabin mobil jadi terlihat lapang.

Ada beberapa mesin yang ditawarkan, mulai dari 1.600cc bensin hingga 2.300cc diesel dan lokasinya di bawah jok depan layaknya mobil minibus.