Bocoran Launching Innova dan Fortuner Baru

Logo Toyota
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Pasar otomotif dunia, terutama di segmen multi purpose vehicle dan sport utility vehicle terlihat semakin ketat. Para produsen berlomba-lomba menawarkan produk terbaik mereka, yang dibekali dengan fitur terbaru.

Contohnya, Mitsubishi belum lama ini meluncurkan Pajero Sport baru yang disematkan teknologi canggih. Hyundai juga tidak mau kalah, mereka sedang menyiapkan beberapa SUV dan MPV yang bakal dipasarkan di Asia Tenggara.

Toyota sebagai salah satu merek yang menguasai dua segmen pasar itu, tentu tidak tinggal diam. Mereka dikabarkan sedang sibuk mengembangkan Innova dan Fortuner terbaru.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Gaadiwaadi, Kamis 29 Juli 2021, dua model yang berbeda kategori itu dibuat menggunakan platform yang sama, yakni Innovative International Multi-purpose Vehicle atau IMV.

Konsep yang pertama kali dihadirkan pada 2004 ini, dibuat khusus untuk memenuhi kebutuhan kendaraan di 140 negara dengan memaksimalkan sumber daya yang ada.

Caranya yakni dengan membagi proses pembuatan komponen ke beberapa wilayah, misalnya mesin bensin dibuat di Indonesia, sementara mesin diesel adalah tanggung jawab pabrik Thailand. Transmisi diserahkan pada pabrik yang ada di Filipina dan India.

Untuk bisa tetap bersaing di pasar otomotif global, perusahaan asal Jepang itu disebut-sebut sedang mempersiapkan platform IMV generasi berikutnya. Pengembangan difokuskan pada kenyamanan dan efisiensi bahan bakar.

Platform IMV terbaru digadang-gadang akan membuat mobil menjadi lebih nyaman saat dikendarai di jalan raya. Meski demikian, kemampuan offroad tetap ditingkatkan, karena desain ini juga digunakan di Toyota Hilux.

Beberapa ubahan yang disebut bakal hadir mulai dari mesin hybrid, electric power steering hingga sistem keselamatan yang dikemas dalam paket Advanced Driver Assistance System atau ADAS. Jadwal peluncurannya yakni tahun depan, meski tidak disebutkan bulan apa.