Kaget Lihat Harga SUV Toyota yang Resmi Dijual

Toyota Land Cruiser J300
Sumber :
  • Dok: Toyota

VIVA – Setelah sempat dipasarkan khusus untuk wilayah Timur Tengah beberapa waktu lalu, kini versi terbaru dari mobil gagah andalan Toyota sudah resmi diluncurkan di wilayah Asia.

Kendaraan yang dimaksud adalah Toyota Land Cruiser seri J300, yang mengusung desain sport utility vehicle dan menjadi generasi ke-10 dari mobil tangguh tersebut.

Ada tiga hal yang jadi fokus penyempurnaan dari model ini, yaitu keandalan, kekuatan dan performa di medan offroad. Salah satu implementasinya, yakni penggunaan platform GA-F yang dikembangkan dari Toyota New Global Architecture atau TNGA.

Dari keterangan resmi Toyota, dikutip VIVA Otomotif Selasa 3 Agustus 2021, penggunaan rangka baru membuat bobot mobil berbodi bongsor itu berkurang sebanyak 200 kilogram. Keuntungan lain yang didapatkan adalah lebih stabil serta tidak berisik.

Ada dua mesin yang disediakan untuk mobil legendaris ini, pertama enam silinder 3.500cc bensin dengan dua turbocharger yang bisa menghasilkan tenaga 415 daya kuda serta torsi 650 Newton meter. Bagi penyuka diesel, bisa memilih enam silinder 3.300cc twin turbo dengan kekuatan 309 dk dan torsi 700 Nm.

Interior Toyota Land Cruiser J300

Photo :
  • Dok: Toyota

Saat berada di medan sulit, pengemudi bisa memilih mode berkendara yang disediakan, yakni tanah, pasir, lumpur, salju, batu, atau otomatis. Komputer akan menyesuaikan tenaga yang disalurkan ke seluruh roda, untuk memastikan traksi tetap maksimal.

Saat awal diluncurkan di Arab Saudi dan Kuwait, harga dari Toyota Land Cruiser seri J300 disebut-sebut mencapai 70 ribu pound sterling atau setara Rp1,4 miliar. Namun, di Jepang mobil ini dijual mulai dari 5,1 juta yen atau sekitar Rp671 juta.

Sebagai informasi, beredar kabar bahwa Toyota meminta para konsumen Land Cruiser baru tersebut untuk tidak menjual kembali mobil mereka dalam waktu 12 bulan. Alasan yang dikemukakan yakni untuk menjaga harga jual, serta mencegah digunakan untuk kegiatan yang melanggar hukum.