Mobil Buatan Anak Bangsa Dapat Penghargaan Dunia

Tim mobil listrik Arjuna Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.
Sumber :
  • Dok: Tim Arjuna UGM

VIVA – Kiprah anak bangsa di dunia otomotif sudah tidak perlu diragukan lagi. Mereka bukan hanya berhasil menciptakan kendaraan canggih, namun juga mendapat penghargaan atas karya tersebut.

Salah satu buktinya, yakni dengan mengikuti ajang berskala internasional yang diselenggarakan di luar negeri dan bahkan berhasil menjadi juara di kompetisi bergengsi itu.

Kini, nama Indonesia kembali diharumkan oleh para mahasiwa yang tergabung dalam Tim Mobil Listrik Arjuna Universitas Gadjah Mada. Mereka berhasil meraih dua penghargaan dari kompetisi 5th Annual FSEV Concept Challenge atau FSEV 2021, yang diselenggarakan oleh Formula Bharat India secara daring.

Pada kompetisi yang diikuti 31 tim dari India, Turki, dan Indonesia itu, Tim Arjuna UGM meraih predikat Best Battery Design dan 3rd Place Team Management Report. Selain itu, mereka juga masuk ke tahap final di kategori Software and Intelligence Integration.

Ketua tim untuk ajang itu, Muhammad Raihan Hilmy mengungkapkan bahwa supaya bisa memenangkan penghargaan yang didapat, timnya harus memberikan tujuan yang jelas untuk kebutuhan tenaga dan energi kendaraan yang dicapai dengan penyusunan baterai yang ringkas serta keamanannya.

Ia menjelaskan, keamanan dalam sistem merupakan hal yang sangat diperhatikan dalam desain yang dibuat atas pemilihan material, integrasi Battery Management System (BMS) serta pemilihan komponen kelistrikan yang baik.

Mobil listrik buatan tim Arjuna Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Photo :
  • Dok: Tim Arjuna UGM

"Tentunya bangga atas pencapaian ini. Harapannya, ke depan bisa terus berprestasi," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi UGM, Jumat 6 Agustus 2021.

Hilmy menjelaskan, kehadiran tim Arjuna UGM pada kompetisi ini merupakan yang kedua kalinya. Sebelumnya, mereka telah mengikuti kompetisi yang sama pada tahun lalu dan berhasil memboyong sejumlah penghargaan.

"Tujuan awal tim Arjuna mengikuti kompetisi tahunan yang kedua kalinya ini, adalah untuk mendapatkan banyak pengalaman serta feedback yang dapat diambil dari kompetisi ini, sehingga dapat mematangkan persiapan tim serta konsep desain dari mobil yang akan dibuat untuk tahun depan,” tuturnya.