Mobil Ini Secanggih Toyota Raize, tapi Lebih Murah

Hyundai Casper.
Sumber :
  • Dok: Hyundai

VIVA – Belakangan ini banyak mobil baru yang mengusung desain sport utility vehicle atau SUV, diperkenalkan di beberapa negara di seluruh dunia. Mulai dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di Indonesia, hingga Kia Sonet versi anyar di India.

Selain tampilannya yang gagah, alasan lain mengapa orang menyukai SUV adalah karena model tersebut saat ini sudah banyak yang dibekali dengan teknologi canggih.

Contohnya sistem yang disebut dengan nama Advance Driver Assistance System atau ADAS, yang merupakan kumpulan dari beberapa fitur yang memungkinkan komputer membantu pengemudi terhindar dari potensi bahaya.

ADAS bisa melakukan pengereman secara otomatis, apabila jarak dengan kendaraan di depan terlalu dekat. Sistem juga akan memberi peringatan apabila ada mobil lain yang berada di area blind spot, atau ketika hendak mundur sementara pandangan pengemudi terbatas.

Semua kemampuan itu sebelumnya hanya disematkan pada mobil-mobil mewah yang dijual dengan harga di atas Rp500 juta. Namun, kini Toyota Raize yang banderolnya Rp200 jutaan juga memiliki fitur istimewa tersebut.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Paultan, Kamis 16 September 2021, hal yang sama juga dilakukan Hyundai pada mobil SUV mungil mereka, yang baru saja diluncurkan di negara asalnya, Korea Selatan. Kendaraan yang dimaksud adalah Hyundai Casper.

Casper disebut sebagai kendaraan dengan desain yang belum pernah ada sebelumnya, dan dirancang untuk mereka yang ingin serba praktis namun tetap aman selama berada di jalan.

Mobil ini memiliki dimensi panjang 3.595 milimeter, lebar 1.595 mm dan tinggi 1.575 mm. Jarak sumbu roda depan dan belakang 2.400 mm, menjadikan ruang kabinnya cukup lega untuk diisi satu keluarga kecil.

Ada dua pilihan jantung pacu, yakni mesin tiga silinder berkapasitas 1.000cc standar dan versi turbocharger. Tipe pertama memiliki kekuatan 76 daya kuda, sedangkan yang kedua 100 dk. Meski dibekali ADAS, namun Hyundai Casper harganya lebih murah dari Raize, yakni mulai dari 13,8 juta Won atau setara Rp167 jutaan.