Bisa Jalan Jauh, Mobil Listrik Ini Harganya Cuma Rp60 Jutaan

Mobil listrik Chery QQ Ice Cream Harganya murah
Sumber :
  • Minnews

VIVA – Saat ini produsen otomotif sedang berlomba-lomba mengembangkan mobil listrik, sebagai kencaraan masa depan yang nantinya akan menjadi kebutuhan untuk menunjang mobilitas.

Seperti Chery yang meluncurkan Chery QQ Ice Cream yang nantinya akan bertarung dengan Wuling Hongguang Mini EV. Seperti dilansir ndari CarNewsChina, Chery QQ Ice Cream dijual dengan harga Rp60 jutaan, setelah dikonversi dari 30.000 yuan.

Harga tersebut lebih mahal dari Wuling Hingguang Mini EV yang dijual dengan harga 28.000 yuan atau jika dikonversi ke Rupiah nilainya menjadi Rp61 jutaan.

Seperti terlihat dari bentuknya Chery QQ Ice Cream ini, dikembangkan sebagai mobil perkotaan yang pertama muncul di sub-divisi iCar Ecology dari Chery.

Mobil ini memiliko dimensi yang mungil, panjang 2.980 mm, lebar 1.496 mm, dan tinggi 1.637 mm, dengan jarak sumbu roda 1.960 mm. Secara keseluruhan, bobot mobil antara 699 dan 743 kg, tergantung pada tipe pilihan.

Namun meski dimensinya mungil, Chery QQ ini ternyata mampu menampung empat orang di dalam kabin. Mobil mungil ini dapat melaju karena dibekali motor listrik belakang dengan kode TZ160XFDMI3A.

Motor listrik tadi mampu menghasilkan tenaga hingga 20 KW atau setara dengan 26,8 HP, sementara torsi maksimalnya 85 Nm. Mobil listrik mungil ini dapat melaju dengan kecepatan maksimal 100 km/jam.

Sumber tenaga dipasok oleh baterai lithium iron phosphate. Baterai tersebut bisa membawa mobil listrik ini melaju dengan jarak 120-170 km dalam kondisi baterai penuh. 

Desain dari mobil listrik ini cukup khas, lampu depan menampilkan ciri khas daytime running light berbentuk U. Di bawah ada intake yang menyatu dengan trim lebar berwarna hitam dengan bagian melingkar, kemungkinan untuk lampu kabut.

jika dilihat dari samping, terdapat lipatan pada spatbor dan pintu. Mobil listrik ini juga memiliki garis jendela yang sedikit naik di pilar paling belakang. 

Ada pula skema cat dua warna dengan bagian atas hitam yang dipasangkan dengan 7 pilihan warna body. Mobil mungil ini mengusung velg berukuran 12 inchi yang dibalut ban 145/70.

Di bagian belakang, desain lampu belakangnya mirip dengan lampu depan, menggunakan bentuk huruf U. Di bawah, tersedia dua lingkaran untuk reflektor dan lampu kabut belakang.