Mobil Pikap Terbaru Toyota Hadir, Harganya Bikin Geleng-geleng

Toyota Tundra 2022
Sumber :
  • Car and Driver

VIVA – Selera konsumen atau kebutuhan pasar, kerap menjadi tolak ukur pabrikan kendaraan menciptakan produk. Salah satunya Toyota yang memiliki beragam mobil pikap di setiap negara, di antaranya Hilux, Tundra, dan Tacoma.

Toyota Tundra 2022

Photo :
  • Car and Driver

Namun sayang Toyota Tundra hanya dijual di Amerika Utara, dan beberapa negara lainnya. Sejak hadir pada 2007 mobil pikap itu baru satu kali mendapatkan perubahan total di tahun ini dengan rancang bangun terbaru.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Car and Drive, Selasa 21 September 2021, All New Toyota Tundra akhirnya meluncur untuk pasar Amerika sejak 15 tahun mengaspal. Mobil pengangkut barang tersebut hadir dalam lima varian, yakni SR, SR5, Platinum, dan TRD Pro.  

Pikap kabin ganda tersebut mengandalkan platform baru, yakni Toyota New Global Archiceture atau TNGA-F, serupa dengan Land Cruiser 300 terbaru sebagai SUV (Sport Utility Vehicle) mewah dengan sasis tangga, atau ladder frame.

Meski diperuntukan sebagai kendaraan komersial, namun kesan mewahnya tetap dipertahankan. Pada bagian wajahnya didominasi grille besar dengan aksen perak, seperti halnya Land Cruiser. Lampu depan, dan kap mesin juga berubah.

Pada sektor samping, bodinya tampak agak gemuk berkat siluet over fender, pijakan kaki tampak lebar, dan desain pelek juga berubah. Bagasi atau bak belakang secara dimensi tetap panjang, dan luas dengan penutup yang diembos Tundra.

Mobil pesaing Ford F-Series tersebut dipersenjatai mesin terbaru namun kapasitasnya lebih kecil. Pada generasi pertama masih menggandalkan V8 berkapasitas 5.700cc, namun kini menjadi enam silinder atau V6 3.500cc dilengkapi turbo.

Meskipun volume silinder lebih kecil, namun tenaga maksimalnya bisa mencapai 389 daya kuda, dan torsi 649 Newton meter. Sehingga mobil tersebut masih memiliki performa buas, namun konsumsi bahan bakarnya lebih efisien.  

Bahkan Toyota juga menawarkan varian ramah lingkungan, atau versi hybrid. Menggabungkan motor listrik dengan mesin V6 terbarunya, sehingga tenaga yang disemburkan lebih besar, yaitu 437 dk, dan torsi puncak 790 Nm.

Masih menurut sumber yang sama, sistem hybrid tersebut juga dilengkapi pilihan berkendara EV mode, atau electric vehicle, agar saat kecepatan rendah bisa berjalan seutuhnya dengan tenaga listrik tanpa melibatkan mesin pembakaran.

Mengingat Toyota Tundra 2022 baru akan dijual pada akhir tahun ini, maka harganya belum diumumkan. Sementara menurut The Car Connection, diperkirakan banderolnya mulai dari 36 ribu dolar, atau setara Rp512 juta. Cukup bikin geleng-geleng sebagian orang jika hanya membutuhkan mobil pengangkut barang.