Tesla Cybertruck Kembali Diundur, Elon Musk Panen Hujatan

Tesla Cybertruck
Sumber :
  • dok. Tesla

VIVA – Meski telah dikenalkan sejak dua tahun lalu, namun Tesla Cybertruck belum benar-benar diluncurkan dan dijual ke konsumen global. Bahkan, hingga kini, perusahaan masih melakukan perbaikan terhadap tampilan maupun fitur pikap listrik berkabin ganda tersebut.

Mulanya, Chief Executive Officer atau CEO Tesla, Elon Musk berjanji akan menjual Tesla Cybertruck versi final untuk pasar domestik pada Januari atau Februari 2021 lalu. Namun, rencana tersebut urung terwujud lantaran satu dan berbagai hal. Imbasnya, Elon harus merevisi janjinya.

Pada suatu forum di Amerika Serikat, Elon mengatakan, penundaan tersebut hanya berlangsung sementara. Sebab, kata dia, kendaraan bertampang unik itu bakal menyapa konsumen setempat pada kuartal kedua 2021. Sayangnya, seperti yang sudah-sudah, janji tersebut lenyap tersapu waktu.

Elon Musk.

Photo :
  • Find The Prophets

Terbaru, menurut laporan Electrec yang dihimpun dari laman resmi Tesla, kendaraan tersebut kemungkinan baru akan meluncur tahun depan. Mengingat, pada halaman Tesla Cybertruck, tertera keterangan ‘Kamu bisa melengkapi konfigurasimu saat produksi mendekati 2022’.

Pesan tersebut muncul dalam formulir untuk tiga model Cybertruck, yakni single motor, dual motor, dan tri motor, meski sebelumnya, perusahaan mengatakan bahwa mobil bermesin tunggal akan hadir belakangan.

Imbasnya, banyak warganet di media sosial yang geram dengan kebiasaan Elon yang hobi melanggar janjinya sendiri. Padahal, hingga bulan lalu, kendaraan gagah tersebut sudah terpesan lebih dari sejuta unit.

Elon Musk Ingin Sempurnakan Tesla Cybertruck

Diketahui, seluruh proses penyempurnaan Tesla Cybertruck dikerjakan Elon Musk dan kepala desain perusahaan, Franz von Holzhausen. Pihaknya berharap, produk yang kelak sampai ke tangan konsumen jauh lebih baik ketimbang yang sebelumnya dia kenalkan.

“Saya bersama Franz dan tim melakukan sejumlah perubahan pada Cybertruck. Kami hanya ingin memastikan, bahwa mobil yang nantinya diterima konsumen jauh lebih baik dari mobil yang pertama kali kita kenalkan. Itu adalah harapan kami terhadap Cybertruck,” urai Elon Musk, dikutip VIVA Otomotif dari Motortrend, Rabu 22 September 2021.

“Ada sejumlah pengembangan atau perbaikan dari Cybertruck yang pertama kita kenalkan. Saya rasa, hasilnya bakal lebih baik dari sebelumnya,” lanjutnya.

Elon Musk.

Photo :
  • Vox

Kendati demikian, Elon tak memberi gambaran mengenai ubahan yang hendak pihaknya usung. Namun, beberapa waktu lalu, sosok yang dikenal berkat gagasan visionernya itu sempat bicara mengenai suspensi udara adaptif dan ukuran kendaraan yang kemungkinan lebih kecil.

“Tapi semuanya tergantung keputusan pabrik, sebab ada sejumlah teknologi baru berkenaan dengan kerangka luar. Hal itu belum pernah dilakukan sebelumnya, sehingga kemungkinan bakal ada banyak tantangan,” kata Elon Musk.