Muncul Rival Baru Toyota Raize, Harga Rp190 Jutaan

Volkswagen Taigun
Sumber :
  • Overdrive

VIVA – Toyota Raize menjadi salah satu mobil jenis compact sport utility vehicle atau SUV, yang belum lama ini meramaikan pasar otomotif di Indonesia. Peluncuran perdananya dilakukan di Jepang, pada 2019.

Mobil yang merupakan saudara kembar dari Daihatsu Rocky tersebut memiliki desain yang modern dan identik dengan mereka yang berjiwa muda. Dengan kapasitas hanya lima orang, dimensi Raize ideal untuk penggunaan di dalam kota.

Sebelum kehadiran Toyota Raize dan Daihatsu Rocky, Kia sudah lebih dahulu menghadirkan Sonet dan Seltos yang mengisi segmen serupa. Dan tak lama lagi, satu penantang baru akan resmi dibuka selubungnya.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Indiacarnews, Kamis 23 September 2021, mobil SUV baru yang dimaksud adalah Volkswagen Taigun yang bakal mengaspal perdana di India.

Berbeda dari kendaraan lainnya milik perusahaan asal Jerman itu, Taigun dirancang dari platform yang benar-benar baru dan dibuat khusus untuk pasar Asia, yakni MQB A0 IN. Platform ini sebelumnya sudah dipakai di mobil lain, yaitu Skoda Kushaq.

Keran pemesanannya sudah dibuka bulan lalu, dan sampai saat ini sudah ada 10 ribu konsumen yang tertarik untuk membeli. Peluncuran resmi dilakukan pada hari ini, dan unit bakal diproduksi secepatnya di pabrik Skoda yang ada di Pune.

VW Taigun memiliki penampilan yang tidak jauh berbeda dari compact SUV pada umumnya, dimensi mobil ini yaitu panjang 4.221 milimeter, lebar 1.760 mm dan tinggi 1.612 mm.

Karena lebih panjang 200 mm dari Raize, maka interiornya terasa lebih luas dan lega. Beberapa fitur andalannya mulai dari sistem hiburan 10 inci dan panel instrumen 8 inci, sunroof di bagian atap, serta pengisian nirkabel untuk ponsel.

VW baru akan mengumumkan harga Taigun beberapa hari lagi, namun bocoran informasi mengatakan bahwa mobil yang tersedia dalam pilihan mesin 1.000cc Turbo dan 1.500cc standar ini akan dijual mulai dari 1 juta Rupee atau setara Rp190 jutaan.