Penggunaan Mobil Bensin di Negara Ini Nyaris Tinggal Kenangan

Stasiun pengecasan mobil listrik.
Sumber :
  • Electrec

VIVA – Norwegia kini menjadi salah satu negara yang mana penggunaan mobil konvensional atau berbahan bakar bensin nyaris hilang. Ini menyusul banyaknya masyarakat yang mulai beralih menggunakan mobil listrik.

Seperti dikutip VIVA Otomotif dari Electrec, Sabtu 25 September 2021, pada 2022 diprediksi penjualan mobil bensin sudah tak ada lagi. Padahal, sebelumnya Norwegia ditargetkan bebas dari mobil konvesional pada 2025.

Dalam beberapa waktu terakhir ini, penjualan mobil bensin terus menurun, dan pada April 2022 disinyalir sudah tamat.  Tercatat angka penjualan mobil bensin terus berada di bawah 10%.

Jika dibanding pada tahun 2020, di mana angkanya turun 21%. Sebenarnya tak sepenuhnya masyarakat di sana menggunakan mobil listrik, sebab kebanyakan masih hybrid.

Di mana mobil hybrid menggunakan tenaga listrik dan juga konvesional, yang mana cukup melenceng. Walau begitu, penjualan mobil hybrid di sana cuma mencapai 10 %.

Stasiun pengecasan mobil listrik.

Photo :
  • autoexpress

Dari 15 mobil yang dijual di Norwegia sejak awal tahun ini, 14 di antaranya merupakan kendaraan listrik. Beralihnya ke mobil listrik juga didukung oleh keringanan pajak yang diberikan oleh pemerintah Norwegia.

Pemerintah juga menambah pajak bahan bakar minyak, alhasil isi bensin jadi lebih mahal ketimbang mencas baterai mobil. Walaupun, pemerintah sudah menghapus insentif mobil listrik seperti parkir dan tol.