Rival Berat Toyota Raize Sudah Ada di Diler

Volkswagen Taigun
Sumber :
  • Motoroids

VIVA – Pasar kendaraan bermotor jenis sport utility vehicle belakangan ini semakin ramai, dengan kehadiran beberapa model yang diluncurkan oleh berbagai pabrikan otomotif.

Salah satunya Toyota, yang pada 2019 resmi meluncurkan compact SUV Toyota Raize di negara asalnya, yakni Jepang. Pada April tahun ini, mobil tersebut mulai dirakit dan dipasarkan di Indonesia.

Produsen kendaraan lainnya juga tidak mau kalah, mereka menghadirkan model serupa dengan keunggulan masing-masing. Seperti yang baru saja dilakukan oleh Volkswagen.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Motoroids, Senin 27 September 2021, perusahaan asal Jerman itu akhirnya membuka selubung salah satu mobil baru mereka yang beberapa waktu lalu diperkenalkan versi konsepnya.

Kendaraan yang dimaksud adalah VW Taigun, mobil SUV yang merupakan versi mungil dari VW Tiguan. model baru tersebut dirancang dari platform yang benar-benar baru dan dibuat khusus untuk pasar Asia, yakni MQB A0 IN. Platform ini sebelumnya sudah dipakai di mobil lain, yaitu Skoda Kushaq.

Interior Volkswagen Taigun.

Photo :
  • VW India

Keran pemesanannya sudah dibuka bulan lalu, dan sampai saat ini sudah ada 10 ribu konsumen yang tertarik untuk membeli. Peluncuran baru saja dilakukan di negeri Hindustan, dan unit sudah tersedia di diler-diler VW yang ada di negara tersebut.

VW Taigun memiliki penampilan yang tidak jauh berbeda dari compact SUV pada umumnya, dimensi mobil ini yaitu panjang 4.221 milimeter, lebar 1.760 mm dan tinggi 1.612 mm.

Karena lebih panjang 200 mm dari Raize, maka interiornya terasa lebih luas dan lega. Beberapa fitur andalannya mulai dari sistem hiburan 10 inci dan panel instrumen 8 inci, sunroof di bagian atap, serta pengisian nirkabel untuk ponsel.

Sama seperti Raize, Taigun juga dibekali dengan sistem keselamatan yang terangkum dalam Advance Driver Assistance System atau ADS. Beberapa fitur andalannya yakni pengereman otomatis, dan pencegah mobil terguling.

Mobil yang dibekali pilihan mesin 1.000cc dan 1.500cc tersebut, dipasarkan dnngan harga mulai dari 1,05 juta Rupee atau setara Rp202 juta.