Awal Tahun Depan Bakal Hadir Mobil Rp80 Jutaan

Sketsa Suzuki Alto terbaru.
Sumber :
  • Gaadiwaadi

VIVA – Mobil baru yang dijual dengan harga terjangkau, masih jadi buruan masyarakat di kawasan Asia. Meski banderolnya murah, namun tingkat keamanan serta fitur yang ditawarkan jauh lebih baik ketimbang beberapa tahun lalu.

Salah satu contohnya yakni Suzuki Alto, mobil mungil ini menjadi yang terlaris di India selama bertahun-tahun dan dipasarkan dengan harga 300 ribuan Rupee atau setara Rp70 jutaan.

Dengan harga tersebut, konsumen sudah mendapatkan fitur rem anti-lock braking system atau ABS dan juga dua kantung udara di bagian depan. Nah, pada awal tahun depan Suzuki akan meluncurkan generasi terbarunya.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman Gaadiwaadi, Senin 27 September 2021, Suzuki Alto generasi baru awalnya akan meluncur terlebih dahulu di Jepang. Mobil mungil ini dikabarkan mengalami banyak rombakan.

Desainnya akan memakai platform terbaru dari pabrikan berlogo S tersebut, yang diberi nama Heartect dan sebelumnya sudah diaplikasikan pada beberapa model Suzuki lainnya seperti Swift serta XL7.

Tampilannya disebut-sebut akan berubah menjadi lebih kotak, terutama di bagian grille depan. Lampu utama serta bagian belakang juga bakal berbeda dari yang dipasarkan saat ini.

Emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar menjadi salah satu fokus utama Suzuki, di mana mereka dikabarkan akan memasang mesin baru tiga silinder berkapasitas kecil namun dibekali dengan turbocharger.

Bakal ada juga mesin 1.000cc yang disematkan teknologi masa depan, yakni kombinasi jantung pacu konvensional dengan motor listrik alias hybrid.

Belum diketahui apa saja fitur yang disediakan, namun peranti keselamatan standar seperti kantung udara dan rem ABS akan tetap menjadi standar di semua varian. Mobil ini disebut-sebut akan dijual di India dengan harga mulai dari 400 ribu Rupee atau sekitar Rp80 jutaan.