Takjub Lihat Koleksi Mobil Khofifah yang Masuk Radar Pilpres 2024

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan pengawal polwannya.
Sumber :
  • instagram @khofifah.ip

VIVA – Khofifah Indar Parawansa masuk dalam radar Partai Golkar, yang dipertimbangkan untuk menjadi calon wakil presiden untuk mendampingi Airlangga Hartarto.

Apalagi Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Timur bertekad untuk mengusung ketua umumnya, yakni Airlangga Hartarto maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Ketua DPD Partai Golkar Jatim M Sarmuji mengatakan, seluruh kader hingga tingkat kabupaten/kota sudah sepakat untuk mengantarkan Airlangga di Pilpres 2024. Dorongan itu merupakan hasil dari berbagai forum resmi Golkar secara nasional maupun provinsi. Pengurus dan kader di seluruh tingkatan bulat mendukung Menteri Perekonomian RI itu.

Di luar dari masuknya Khofifah dalam radar Golkar untuk mendampingi Airlangga, diketahui Khofifah menjadi salah satu pemimpin daerah perempuan yang cukup tajir. Hal itu terlihat dari harta kekayaannya yang dilaporkan kepada negara melalui LHKPN.

Khofifah indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur (instagram/khofifah.ip)

Photo :
  • vstory

Berdasarkan data tersebut, dikutip VIVA Otomotif Jumat 22 Oktober 2021, pundi-pundi yang dikantongi Khofifah pada periode Maret 2021 mencapai Rp24,959 miliar. Aset terbesarnya tanah, dan bangunan senilai Rp17,932 miliar yang tersebar di berbagai daerah sebanyak 35 bidang.

Kemudian kas, dan setara kas Rp5,589 miliar, harta bergerak lainnya Rp602 juta yang tidak disebutkan secara detil. Artinya hanya tersisa sedikit untuk kendaraan, menurut data LHKPN mantan Menteri Sosial itu hanya memiliki dua unit mobil.

Secara total nilai kedua mobil tersebut Rp835 juta. Yang paling termahal adalah Toyota Alphard buatan 2018. Namun status MPV mewah itu warisan dengan harga Rp700 juta, berbeda dengan Kijang Innova yang dibelinya sendiri pada 2006 senilai Rp135 juta.

Tidak dijelaskan tipe dari Alphard tersebut. Namun menurut situs jual beli online, harga bekas MPV dengan konfigurasi 7-penumpang itu masih Rp800 jutaan untuk tipe 2.5 G atau 2.5 X. 

Mesin yang bersarang di MPV bongsor tersebut ada dua pilihan. Yang pertama berkapasitas 2.500cc empat silinder 16 valve dengan kode 2AR-FE, dapat menyemburkan tenaga maksimal 180 PS di 6.000 rpm, dan torsi 234 Nm di 4.100 rpm

Sedangkan untuk varian termahal, atau 3.5 Q, kapasitas mesinnya mencapai 3.500cc enam silinder 24 valve berkode 2GR-FE. Tenaga yang dihasilkan tentunya lebih besar, yakni 275 PS di 6.200 rpm, dan torsi puncak 340 Nm di 4.700 rpm.

Untuk model facelift yang dirilis pada 2020, Toyota hanya memberikan penambahan fitur-fitur hiburan, dan keamanannya. Sedangkan secara bentuk eksterior, dan interior masih serupa dengan model 2018 atau yang dimiliki Khofifah.

Alphard edisi baru yang dijual saat ini sudah dilengkapi teknologi keamanan lebih canggih, atau disebut Toyota Safety Sense. Di dalamnya meliputi PCS (Pre-Collision System), LDA (Lane Departure Alert), DRRC (Dynamic Radar Cruise Control). Lalu AHB (Automatic High Beam), TPMS (Tiree Pressure Monitoring System). 

Selain itu, fitur ICS (Intelligent Clearance Sonar) yang awalnya disematkan pada 6 titik, kini menjadi 8 titik tersebar pada bagian depan 4 titik, dan belakang 4 titik. Tujuannya untuk memonitoring mobil lebih mudah saat di berbagai kondisi.