Pemilik Truk Baru Fuso Enggak Boleh Lupa Satu Hal Ini

Truk Mitsubishi Fuso Canter.
Sumber :
  • Dok: KTB

VIVA Otomotif – Pasar kendaraan niaga Indonesia diramaikan oleh banyak nama besar, salah satunya Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation yang diwakili oleh PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors.

Beberapa bulan lalu, KTB meluncurkan generasi terbaru dari Fuso Canter yang menggunakan teknologi canggih, supaya lebih ramah lingkungan.

Truk baru ini dibekali jantung pacu yang sudah menerapkan standar emisi Euro 4, sesuai dengan aturan pemerintah yang mewajibkan semua kendaraan bermesin diesel menggunakan standar tersebut mulai April tahun ini.

Teknologi common rail injection yang dipakai untuk sistem pengabutan, menjadi andalan serta diklaim aman dipakai oleh jenis bahan bakar minyak B30. Ada 15 varian dari Fuso Canter yang disiapkan KTB, dan sudah memakai standar emisi Euro 4.

Pada kesempatan yang sama, KTB juga menghadirkan truk Fuso Fighter X yang juga dibekali dengan standar emisi Euro 4. Model ini tersedia dalam 14 varian.

Saat ini dua produk tersebut sudah tersedia di diler-diler Fuso yang ada di Indonesia, termasuk ruang pamer yang baru saja diresmikan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Direktur Pemasaran dan Penjualan KTB, Duljatmono mengatakan bahwa semua truk Fuso yang sudah menerapkan standar Euro 4 disarankan menggunakan bahan bakar yang kualitasnya sudah disesuaikan dengan spesifikasi mesin.

“Produk kami yang Euro 4 syaratnya adalah kandungan sulfur bahan bakar di angka 50. Rekomendasinya Pertamina Dex,” ujarnya saat pembukaan diler, dikutip VIVA Otomotif Kamis 30 Juni 2022.

Sementara itu, Business Manager PT Barito Berlian Motor, Rudy Lim menuturkan bahwa bahan bakar diesel jenis Pertamina Dex di Kalimantan Selatan lebih banyak tersedia di area perkotaan.

“Di Kalsel Pertamina Dex tidak ada masalah. Cuma, untuk unit Colt Diesel unitnya lebih banyak digunakan di pinggiran area,” tuturnya.