Mobil Ini Bikin Ratusan Karyawan Apple Dipecat

Kantor Apple.
Sumber :
  • theapplegoogle.com

Cupertino, 6 April 2024 - Apple mengalami putaran PHK besar pertamanya sejak pandemi, setelah menutup program kendaraannya, Project Titan. Menurut dokumen yang diajukan ke negara bagian California, Apple telah memberhentikan total 614 karyawan.

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Carscoops, meskipun tidak pernah secara resmi dikonfirmasi, Apple diyakini telah mengembangkan mobil selama satu dekade.

Namun, setelah bertahun-tahun ragu-ragu dan tertinggal dari lanskap otomotif yang berubah, perusahaan mengambil keputusan untuk menghentikan program tersebut pada bulan Februari.

PHK ini menandai gelombang signifikan pertama pemecatan karyawan bagi Apple sejak awal pandemi. Karyawan yang terkena dampak sebagian besar bekerja di Project Titan, dan termasuk insinyur, desainer, dan staf lainnya.

Konsep mobil listrik Apple

Photo :
  • Mirror

Dengan Project Titan dibatalkan, Apple dikabarkan memprioritaskan inisiatif kecerdasan buatan daripada mobil yang bisa bergerak sendiri alias otonom.

Perusahaan ini masih memiliki tim kecil yang mengerjakan teknologi tersebut, tetapi fokusnya sekarang adalah pada pengembangan kecerdasan buatan atau AI untuk produk lain, seperti iPhone dan iPad.

Meskipun Apple telah membatalkan Project Titan, masih ada kemungkinan perusahaan tersebut akan memasuki pasar mobil di masa depan. Namun, dengan lanskap otomotif yang berubah dengan cepat, tidak jelas kapan atau bagaimana hal itu akan terjadi.