Ini Pasar Terbesar Sedan di Indonesia

Sedan Almera jadi armada taksi Blue Bird
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id – Minimnya peminat sedan di Indonesia rupanya tidak membuat sejumlah perusahaan otomotif nasional pesimistis memasarkan mobil jenis tersebut. Sebab, sejumlah agen tunggal pemegang merek otomotif di Indonesia memiliki pasar khusus untuk sedan, yakni segmen komersial.

Salah satu pabrikan mobil yang siap kembali terjun menjual mobil taksi adalah PT Nissan Motor Indonesia (NMI), dengan produknya Nissan Almera.

Menurut Presiden Direktur NMI, Steve Ardianto, Almera masih menjadi lini andalan untuk segmen taksi. Bahkan dalam waktu dekat, sedan taksinya siap dikirim ke perusahaan taksi.

"Kita mau delivery sebentar lagi, ke Bluebird," ujar Steve, Senin 15 Februari 2016.

Di tengah gempuran taksi dari merek Toyota seperti Limo (Vios), Etios dan Mark X,  jika tak ada aral melintang, taksi Nissan Almera akan disuplai ke perusahaan taksi Bluebird, dengan jumlah mencapai lebih dari 1.000 unit.

Sebelumnya, Almera sudah digunakan oleh perusahaan taksi Bluebird, namun jumlahnya belum banyak.

Seperti diketahui, meski peluang pasar taksi cukup menggiurkan, namun tak banyak pabrikan otomotif yang ingin terjun di persaingan ini.

Penjualan paling besar ditempati Toyota Limo sebanyak 4.883 unit, dan sisanya diisi Kia Cerato 212 unit dan Hyundai Excel III 28 unit. Sedangkan, Nissan Almera sendiri nihil.

Selain Nissan yang menyiapkan pasokan untuk perusahaan taksi, Suzuki Indonesia rupanya juga siap memasuki persaingan segmen ini. Suzuki mengaku, saat ini pihaknya sedang dalam tahap negosiasi dengan beberapa perusahaan taksi. (ren)