Survei: Mobil Rp200 Jutaan Ternyata Makin Diburu Masyarakat

Interior All New Toyota Rush.
Sumber :
  • Dok: TAM

VIVA – Kebutuhan mobil di segmen medium di Indonesia ternyata tak kecil. Mengacu penjualan mobil di harga Rp200 jutaan, yang terdata di Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), ternyata cukup besar.

Atas hal ini pula kemudian banyak sekali model-model terbaru yang digelontorkan pabrikan otomotif dengan rentang harga Rp200 jutaan.

Menurut survei yang dilakukan PT Toyota Astra Motor (TAM) harga psikologis sebuah mobil di Indonesia memang sudah bergeser. Apabila dahulu harga psikologis di angka Rp150 jutaan, kini sudah menyentuh Rp200 jutaan.

"Sekarang kayaknya sudah naik, karena perekonomian Indonesia getting better, lebih bagus. Dan menariknya dalam kondisi ekonomi sekarang yang katanya daya beli turun dan sebagainya, ternyata customer itu menunggu sampai ada produk baru," kata Executive General Manager TAM, Fransiscus Soerjopranoto, di Jakarta.

Memang bukan perkara mudah bagi pabrikan otomotif yang menghadirkan produk-produk di rentang harga demikian. Sebab banyak sekali model yang memiliki harga beririsan.

"Segmen mobil Rp200 juta sampai Rp250 jutaan kalau kami lihat dari sisi besaran segmennya, memang banyak yang bermain di situ customer-nya. Makanya banyak pemain di industri otomotif yang produk barunya bermain di harga segitu. Bisa dikatakan segmen ini menarik, gemuk, dan gurih," kata Soerjo.