Akhirnya, Yamaha Byson Lolos dari Ajal

Byson FI edisi terbaru.
Sumber :
  • Yamaha Motor

VIVA – Motor sport naked milik pabrikan Yamaha, Byson, mulai menunjukkan hasil positif. Bagaimana tidak, selama Maret 2018, kuda besi ini berhasil terdistribusi sebanyak 45 unit. Hal ini merujuk data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia. 

Bisa dibilang, penjualan motor yang menawarkan kesan 'feel big bike look' itu meningkat sekitar 2.150 persen dari periode Januari-Februari. Di dua bulan tersebut, Byson hanya laku sebanyak dua unit. 

Angka-angka kecil sebenarnya sudah diperlihatkan Byson beberapa tahun belakangan. Bahkan, sepanjang 2017, motor yang diperkenalkan pertama kali pada 2010 itu hanya mampu terjual 678 unit.

Diduga kuat, Byson pelan-pelan mulai ditinggalkan para peminatnya. Sebab, langkah pabrikan menolong kelangsungan hidup motor itu. Lewat pengadopsian model injeksi hingga penyegaran ringan, tak banyak membantu kondisi penjualan. 

"Kami sadari desain Byson generasi injeksi tak disukai konsumen. Padahal, memang boleh dikata Byson menawarkan desain seperti motor ber-cc gede," kata Deputy General Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Eddy Ang kepada VIVA, beberapa waktu lalu. 

Pelan tapi pasti, Byson mulai menunjukkan giginya di pasar roda dua Tanah Air. Yang berhasil dipasarkan dari pabrikan ke diler sebanyak 45 unit tersebut selama Maret 2018. Sebagai informasi, dari laman resmi motor itu dijual dengan harga Rp22,9 jutaan on the road Jakarta. (ase)