Habis Ratusan Juta, Ini Tampang Bengis Motor Custom Jawara Makassar

Motor custom peraih juara regional Makassar
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Jeffry

VIVA – Ajang Suryanation Motorland Battle 2018 seri keenam digelar di area Mal Phinisi Point, Makassar. Dari ratusan peserta yang mengikuti kompetisi motor custom tersebut, terpilih satu motor sebagai best of the best atau juara regional. Nantinya motor tersebut akan bertanding di ajang final Surabaya, akhir bulan ini.

Menurut Lulut Wahyudi, salah satu juri yang juga builder dari Retro Classic Cycle Yogyakarta, setiap pemenang di Suryanation sudah melalui seleksi ketat. Ada banyak sektor penilaian, diantaranya kerapihan pengerjaan, keselamatan, konsep yang dipilih akan tetap menjadi tren ke depan dan punya ciri khas.

Nah, dari hasil penilaian para juri, akhirnya motor custom bergaya bobber softail milik Herman Dahlan yang terpilih menjadi motor terbaik di Kota Angin Mamiri t.ersebut.

Motor garapan bengkel DSG Motorsport Garage itu semua komponennya custom, untuk dapur pacunya menggunakan mesin Harley-Davidson Dyna 1.400cc.

“Saya sudah dua kali ikut Suryanation, pertama bangun habis-habisan hanya juara dua padahal biayanya Rp300 jutaan, lebih mahal. Kalau sekarang hanya Rp200 jutaan,” ujarnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu 9 September 2018.

Dia mengatakan, proses pembuatannya memakan waktu enam bulan dan tingkat kesulitannya ketika mengubah sistem pengabutan. Sebab dari injeksi menjadi karburator, maka sektor pengapiannya pun ikut diubah total dari ECU (engine control unit) menjadi CDI (capacitor discharge ignition).

“Paling sulit mengubah sistem injeksi jadi karburator. Tujuannya agar suaranya makin garang, CDI saya pakai produk aftermarket. Untuk exhaust buat sendiri, tangki, springer (suspensi depan), setang, frame dari pipa seamless, hampir semuanya custom,” tuturnya.

Data modifikasi

Frame: Custom rigid

Suspensi depan: Springer WLC custom

Setang: Custom

Headlamp: Aftermarket

Ban depan: 400 Avon

Ban belakang: 500 Avon

Velg depan belakang: 16/350 genuie

Swingarm: Custom

Jok: Custom

Engine: Harley-Davidson Dyna