Honda Monkey Menggoda di Intermot, Kapan Dibawa ke Indonesia?

Honda Monkey hadir di Intermot.
Sumber :
  • VIVA/ Adie.

VIVA –  Pameran motor internasional Intermot digelar mulai Rabu, 3 Oktober 2018 d Kota Koln Jerman Barat. Di pameran yang akan berakhir pada 7 Oktober 2018 ini Honda Motor menampilkan hampir semua model produknya.

Namun salah satu yang paling menggoda adalah kehadiran Honda Monkey, yang membetot perhatian pengunjung pada saat Press Day, Selasa 2 Oktober 2018. Press Day digelar sebelum Intermot secara resmi dibuka untuk umum.

VIVA.co.id yang hadir dalam pameran ini, melihat Honda Monkey tergolong unik. Motor ini bermesin 125 CC dan memiliki daya 9,5 TK. Ada beberapa varian warna dari motor ini yakni salah satunya kuning dan merah. Secara ukuran motor ini lebih kecil dari Honda Super Cub yang sudan lebih dulu muncul dan dijual di Indonesia. 

Motor ini mungil jika dibandingkan postur orang Eropa yang besar, tentunya akan ada pertanyaan, cocokah dengan orang Eropa. Soal mengapa motor ini dipamerkan di Intermot, Vice Presiden Honda Jerman Rudolf Harrer menjelaskan, Honda Monkey memiliki latar belakang sejarah bagi orang Eropa. Sebab motor ini pernah popular di tahun 1960-an.

Sehingga, kata Harrer, motor ini bisa memberikan nostalgia bagi orang yang pernah memilikinya. “Ya mungkin sama sejarahnya dengan Honda Super Cub,” kata Harrer. Namun selain memberi nostalgia, Harrer mengatakan, diluncurkannya Honda Monkey juga untuk menarik generasi muda di Eropa untuk kembali menyukai motor. Makanya, kata dia, tampilan Honda Monkey pun dibuat lebih modis dan sesuai tren motor saat ini. 

Kapan Dibawa ke Indonesia dan Berapa Harganya?

Direktur Pemasaran Astra Honda Motor (AHM) Thomas Wijaya mengatakan, AHM belum bisa memberikan kepastian kapan motor ini dibawa ke Indonesia, Namun begitu, AHM akan tetap mempertimbangkannya. 

"Kita pelajari dulu bagaimana respons pasarnya. Tapi motor ini menarik perhatian pada konsumen segmen tertentu,” kata Thomas di booth Honda.

Untuk itu, AHM akan melakukan study finalnya, yang kemungkinan akan dilakukan tahun ini, mengingat cerita sukses Honda Super Cub yang laris manis meskipun harganya Rp50 juta. Dimana pemesanan Super Cub saat ini sudah mencapai 350 unit dan sebagian besar masih indent.

Honda Monkey untuk pasar Jerman dijual 4.090 euro atau sekitar Rp 70 jutaan. Untuk Indonesia, kata Thomas, tentunya harganya akan lebih tinggi dari Eropa sebab dihitung juga pajaknya. “Sebab motor ini masih impor, sama halnya dengan Super Cub,” ujar Thomas.