Honda Buka-bukaan soal PCX Listrik untuk Indonesia

Honda PCX listrik
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Pada ajang Indonesia Motorcycle Show 2018, PT Astra Honda Motor memajang dua sepeda motor konsep. Salah satunya adalah PCX bertenaga listrik. Kuda besi itu cukup menyita perhatian pengunjung selama gelaran berlangsung.

Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya mengatakan, Honda PCX bertenaga listrik sampai saat ini masih dalam proses finalisasi. Menurut dia, banyak tahapan dalam pengembangan produk motor bongsor bertenaga setrum tersebut.

"Banyak yang masih harus difinalisasi. Dari proses manufaktur, animo masyarakat. Bagaimana masukannya soal listrik ini," ujarnya di JCC, Senayan, Jakarta, Kamis 1 November 2018.

Thomas mengatakan, sejumlah hal masih dalam proses riset untuk PCX listrik. Seperti regulasi oleh pemerintah terhadap pengembangan kendaraan bermotor bebas polusi tersebut. Kemudian soal infrastruktur, karena motor listrik memerlukan fasilitas yang memadai.

"Keamanan dan kenyamanan konsumen, karena masyarakat Indonesia feeling-nya masih motor biasa. Bagaimana kenyamanan dan keamanan konsumen bisa kami akomodir," tuturnya.

Ia menjelaskan, motor listrik juga mesti diperhitungkan dari sisi biaya untuk bahan baku, serta pajak yang bakal diberlakukan nantinya.

Terakhir, soal limbah baterai yang dinilai harus ramah lingkungan. "Apakah nanti dirakit secara lokal, lihat nanti. Masih proses finalisasi," kata dia.