Kemenhub Ingin Semua Motor di Indonesia Pakai ABS

Contoh rem depan motor yang dilengkapi ABS.
Sumber :
  • Bikesindia

VIVA – ?Bukan hanya mobil, beberapa sepeda motor juga sudah dibekali fitur keselamatan anti-lock braking system pada sistem pengeremannya. ABS dapat mencegah motor tergelincir, saat melakukan pengereman mendadak.

Menurut beberapa penelitian, fitur pengereman tersebut dapat mencegah risiko kecelakaan sepeda motor hingga 27 persen. Oleh sebab itu, Kementerian Perhubungan berencana menerapkan ABS untuk semua jenis motor yang dijual di Indonesia.

Seperti yang disampaikan Direktur Pembinaan Keselamatan Perhubungan Darat Kemenhub, Mohamad Risal Wasal. Dia mengatakan, untuk meningkatkan keselamatan pengendara motor, ada wacana semua motor yang dijual di Indonesia menggunakan ABS.

“Saat ini sedang diteliti Universitas Indonesia untuk penerapan ABS tersebut. Menurut penelitian, ABS itu 10-27 persen membantu mengurangi risiko kecelakaan di sepeda motor. Kami sedang menunggu hasil peneitian dari UI,” ujarnya kepada VIVA, Kamis 8 November 2018.

Ia menjelaskan, wacana ini untuk motor yang kecepatan rendah atau dimensinya kecil. Dirinya mengaku, sudah mencobanya beberapa waktu lalu di kawasan Senayan.

“Lebih aman, karena tidak tergelincir. Salah satu yang produksi ABS itu Bosch. Kemenhub masih menunggu riset dari UI, dan rekomendasi dari KNKT (Komite Nasional Keselmatan Transportasi). Karena, ada yang setuju dan tidak setuju,” tuturnya.

Menurutnya, masih ada yang meragukan teknologi ABS. Jika berada di permukaan jalan yang tidak mulus, fungsinya tidak maksimal.

“Karena bergerak, belum tentu menggigit di jalan rusak. Kalau kami batasi kecepatan 30-40 kilometer per jam, manfaatnya bagaimana pakai ABS, itu yang sedang diteliti,” katanya.