Moge Harley Ternyata Bisa Disewa Harian, Ini Biayanya

Harley-Davidson CVO Ultra Limited
Sumber :
  • VIVA/Dian Tami

VIVA – Anak Elang, diler resmi Harley Davidson di Indonesia tidak mau ketinggalan meramaikan ulang tahun Harley-Davidson yang ke-115, September 2018 lalu. Acara itu sendiri berlangsung di Milwaukee, Wisconsin, Amerika Serikat.

Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Sahat Manalu, mengatakan, saat acara ulang tahun itu, Anak Elang menggandeng beberapa komunitas untuk hadir dalam acara tersebut, total ada sekitar 60 orang dengan 35 unit sepeda motor.

"Ada HDCI (Harley-Davidson Club Indonesia) juga 150 orang, jadi kami semua bergabung bawa bendera merah putih. Kontingen kami terbesar dari seluruh dunia, terkecuali Amerika Serikat," ujarnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Nah ternyata 35 motor yang digunakan 60 orang tersebut statusnya sewaan. Menurut Sahat kenapa harus sewa di Amerika Serikat, karena kalau memboyong motor sendiri dari Indonesia agak ribet dan membutuhkan ongkos lebih mahal. Lebih murah melakukan penyewaan.

"Karena bea cukai masih rumit di Amerika takut berbelit, paling gampang kami sewa. Sewanya sangat murah, karena harga motor di Amerika tiga kali lipat lebih murah. Otomatis sewa sangat murah dan motornya baru-baru, jadi kami enggak ngerasa pakai motor rental," tuturnya.

Dia mengatakan, untuk biaya per-harinya menyewa Harley di Negeri Paman Sam yakni US$120 atau Rp1,7 jutaan di mana pemakaiannya selama 24 jam. Sedangkan apabila memboyong motor menggunakan jasa ekspedisi dari Indonesia ke Amerika dan sebaliknya, biaya yang harus dikeluarkan sampai Rp100 jutaan.

"Harley punya rental di seluruh negara bagian. Misal kita sewa di Los Angles dan berhenti di New York bisa di balikan di sana, tidak perlu dikembalikan ke Los Angels lagi. Syaratnya cuma bayar lunas, seperti masuk hotel saja cukup pakai SIM (Surat Izin Mengemudi), SIM Indonesia berlaku di sana," katanya.

Artinya orang umum pun bisa merasakan naik motor besar dengan mesin V-Twin tersebut tanpa menunjukkan identitas bahwa Anda pemilik Harley-Davidson. "Agenda turingnya macam-macam ada dari Los Angles menuju Milwaukee jarak terjauh 5.000 mil. Kami sewa motor enam hari," tuturnya.s