Bengkel Resmi AHASS Ternyata Juga Ada di Sekolah Kejuruan

Bengkel resmi AHASS Honda Motor
Sumber :
  • honda motor

VIVA – Kesuksesan PT Wahana Makmur Sejati (WMS), main dealer sepeda motor Honda Jakarta-Tangerang, menjalankan program Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor Honda (KTBSM) di 53 sekolah SMK ternyata melahirkan program yang terbilang unik.

Bagaimana tidak, setelah program itu digelar, Wahana Makmur Sejati juga telah membangun bengkel AHASS di tiga SMK pilihan. Hal ini tentu sejalan dengan Inpres No 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK sebagai Teaching Factory untuk mengembangkan dunia pendidikan mulai dari kurikulum, praktek hingga peluang kerja.

"Dari 53 sekolah binaan, kini sudah ada tiga SMK yang memiliki Bengkel Mitra AHASS. Dan kedepannya akan terus dikembangkan untuk SMK lainnya,” kata Group Head of Corporate Communication Wahana, Taryudin dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.

Dijelaskannya lebih lanjut ketiga sekolah tersebut yakni SMK Yapisda, SMKN 7 Kabupaten Tangerang, dan SMKN 53 Jakarta. Bengkel Mitra AHASS ini sepenuhnya dijalankan oleh pihak sekolah mulai dari manajemen hingga mekanik yang berikan layanan after sales sepeda motor Honda.

Seluruh layanan yang tersedia pada program ini juga sama dengan standar yang dimiliki oleh Astra Honda Authhorized Service Station (AHASS) seperti kemampuan mekanik, tools, hingga pengadaan suku cadang asli Honda (Honda Genuine Parts).

Siswa yang bertugas menjadi mekanik juga diwajibkan bersertifikasi setara dengan mekanik AHASS umum lainnya. Wahana juga memberlakukan pengawasan ketat terhadap kualitas layanan yang diberikan oleh Bengkel Mitra AHASS mulai dari supervisi rutin hingga target yang harus dicapai. Lainnya, meski berada dilingkungan sekolah, layanan after sales ini juga diperuntukan untuk konsumen umum.

“ Peluncuran program ini sangat baik diterima SMK Binaan Wahana. Dengan memiliki bengkel ini penilaian akreditas sekolah juga akan makin baik oleh kementerian pendidikan. “ tambah Taryudin.

Dia juga menuturkan bahwa semua program ini jadi bukti nyata industri otomotif khususnya Honda mendukung SMK untuk terus berkembang dan meningkatkan kualitas anak didiknya.