Ingin Punya Honda PCX Listrik, Siap-siap Kaget soal Baterainya

Sepeda motor Honda PCX Electric diluncurkan di Jakarta, Kamis, 31 Januari 2019.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – PT Astra Honda Motor belum lama ini meluncurkan PCX listrik. Skuter matik tersebut dibekali dua baterai Lithium-Ion, masing-masing berdaya 50,4 Volt.

Jarak tempuhnya dalam keadaan baterai penuh diklaim mencapai 69 kilometer. Jika sudah habis dayanya, maka butuh waktu enam jam untuk mengisinya kembali.

Development Manager Honda R&D Co Ltd, Makoto Mitsukawa mengatakan, umur baterai PCX Electric adalah dua tahun, jika motor digunakan sehari-hari. Namun, semua itu kembali ke cara pemakaian penggunanya.

“Umurnya dua tahun, tapi baterai Lithium ini sangat bergantung dari cara pemakaian,” ujarnya di Jakarta belum lama ini.

Untuk harga baterai tersebut, Makoto masih enggan berkomentar. Menurutnya, ongkos produksi motor listrik masih mahal. Tapi, biaya perawatannya jauh lebih murah, karena tidak memerlukan pergantian pelumas dan komponennya lebih sedikit.

Sementara itu, Direktur Pemasaran AHM, Thomas Wijaya menjelaskan, saat ini mereka sudah bekerja sama dengan perusahaan di luar negeri untuk daur ulang baterai. Artinya, limbah baterai sudah dipikirkan.

“Kami ada perusahaan ketiga untuk mengelola baterai. Alurnya mengumpulkan dari jaringan (bengkel) kami ,lalu ke AHM. Nanti melalui pihak ketiga, kami akan daur ulang. Baterai ini akan didaur ulang di luar negeri, kami sudah berkoordinasi,” kata dia. (kwo)