Yamaha Buka Suara soal Naiknya Harga MT-15 dan NMax

Yamaha NMax 2018
Sumber :
  • VIVA/Jeffry

VIVA – Yamaha Indonesia menaikkan harga jual kendaraan bermotor roda dua yang mereka produksi dan pasarkan di Tanah Air. Besarannya bervariasi, mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1,5 juta.

Hal itu diketahui dari daftar harga yang dipajang di laman resmi PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Saat dikonfirmasi, Manager Public Relation YIMM Antonious Widiantoro, mengakuinya.

"Memang benar. Ada penyesuaian harga untuk model Yamaha mulai 1 Maret 2019," ujarnya kepada VIVA di Jakarta, Senin 4 Maret 2019.

Saat dikonfirmasi berapa persen kenaikan yang dipatok untuk produk sepeda motornya, Anton tidak dapat menyebutkan dengan pasti. Alasannya, tidak semua mengalami kenaikan harga yang sama.

"Salah satu faktornya, adalah penyesuaian terhadap kenaikan Bea Balik Nama di beberapa daerah," tuturnya.

Diketahui, motor baru yang mereka luncurkan bulan lalu, yakni MT-15 mengalami kenaikan harga sebesar Rp383 ribu. Model skuter matik juga bernasib serupa, namun dengan besaran yang berbeda.

Contohnya NMax, dari yang tadinya dibanderol Rp26,9 juta untuk varian terendah, saat ini menjadi Rp27,536 juta. Terdapat perbedaan hampir Rp600 ribu per unitnya.

Lonjakan harga paling tinggi dialami oleh sekuter matik bongsornya, XMax 250. Motor yang mengusung mesin berkapasitas 250cc itu awalnya dibanderol Rp57,8 juta. Sekarang, konsumen harus merogoh kocek tambahan sebesar Rp1,5 juta.

Tak hanya MT-15, produk keluaran baru, Yamaha FreeGo, juga mengalami hal serupa. Sebelumnya, varian terendah FreeGo adalah Rp18,5 juta. Saat ini, motor tersebut hanya bisa ditebus dengan dana tidak kurang dari Rp18,8 juta. (kwo)