Ini Jenis Moge yang Perlu Dihindari Pemula

Pameran motor gede atau moge
Sumber :
  • VIVA/Dian Tami

VIVA – Skuter matik menjadi sepeda motor terlaris di Indonesia. Alasannya sederhana, yakni mudah dioperasikan dan harganya cukup terjangkau.

Meski demikian, tidak sedikit pengendara motor yang punya mimpi untuk memiliki motor gede atau moge. Tampilan yang gagah dan harga yang mulai masuk akal, membuat pasar moge di Tanah Air belakangan ini terus tumbuh.

Berbeda dari motor skuter matik atau bahkan sport yang dipasarkan di dalam negeri, moge rata-rata mengusung mesin dengan kapasitas lebih dari 500cc. Bahkan, ada yang sampai 1.900cc.

Teknisi diler moge Big Bike 60 di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, Taufik menyampaikan, butuh pertimbangan matang sebelum memutuskan membeli motor gede. Selain soal harga, kemampuan berkendara juga menjadi tolok ukur dalam memilih jenis sepeda motor.

“Kalau untuk pemula, lebih baik pakai yang berkapasitas mesin kecil. Butuh setahun, sebelum pemilik motor upgrade ke kapasitas lebih besar,” ujarnya, dikutip dari 100kpj, Selasa 2 April 2019.

Taufik menyampaikan, penggunaan moge dengan tenaga terlalu besar, bisa membahayakan pengendara pemula. Sebab, sistem kendali moge tak sama dengan motor lain pada umumnya. Salah-salah, kendaraan bisa terpelanting jatuh.

“Butuh adaptasi, apalagi di jalanan padat dan berkelok. Rem mendadak di tikungan, pasti langsung ambruk. Karena, bobotnya dibebankan ke bagian sisi motor, sesuai arah tikungan,” tuturnya. (kwo)