Honda Bikin Motor Konsep, tapi Pakai Teknologi Kuno

Gambar motor baru Honda yang didaftarkan hak patennya
Sumber :
  • Rideapart

VIVA – Sebelum diproduksi secara massal, sebuah produk otomotif harus melalui beberapa tahapan. Pada tahap awal, perancang harus mendesain produk purwarupa atau konsep.

Rancangan konsep itu, yang nantinya jadi dasar untuk pengembangan menjadi sebuah produk yang dijual ke publik. Dan umumnya, produsen memamerkan kecanggihan teknologi mereka di kendaraan purwarupa itu.

Namun, hal itu tidak dilakukan oleh Honda. Dikutip dari 100kpj, Rabu 15 Mei 2019, baru-baru ini pabrikan sepeda motor asal Jepang itu mendaftarkan paten untuk motor konsep mereka.

Uniknya, desain motor tersebut mirip dengan salah satu produk Honda yang saat ini dijual di Indonesia, yakni Verza. Mulai dari desainnya yang menganut model sport, hingga posisi mesin yang nyaris tegak.

Tak hanya itu, suspensi di bagian belakang juga masih menggunakan model dua per. Sementara, peredam kejut di bagian depan memakai sistem teleskopik.

Yang membuat terkejut, Honda menanamkan teknologi kuno pada bagian roda motor tersebut. Hal itu bisa dilihat di bagian roda depan, di mana perangkat rem yang dipasang masih menggunakan model tromol.

Padahal, semua kuda besi yang dijual saat ini sudah memakai sistem pengereman cakram di bagian depan. Sayangnya, tidak diketahui pasti alasan Honda melakukan hal itu.

Muncul dugaan, motor tersebut akan dijual di negara yang tingkat pendapatan warganya masih sangat rendah. Sehingga, aplikasi teknologi kuno dianggap sebagai solusi untuk menekan harga jual.