Motor Harley-Davidson Ini Kehilangan Ciri Khasnya

Motor listrik Harley-Davidson Livewire
Sumber :
  • Harley-Davidson

VIVA – Salah satu sensasi mengendarai motor gede Harley-Davidson, adalah mendengar suaranya yang menggelegar. Maklum, kuda besi itu memiliki kapasitas mesin besar, sehingga raungan suara dari knalpot menjadi salah satu ciri khasnya saat melintas.

Sensasi 'ngeblar' dengan motor Harley-Davidson, nampaknya akan berakhir di masa depan. Sebab, pabrikan otomotif asal Amerika Serikat tersebut sedang menyiapkan sepeda motor listrik bernama LiveWire.

Dilansir dari Rushlane, Senin 12 Agustus 2019, LiveWire adalah sepeda motor listrik murni, yang juga menjadi produk pertama Harley-Davidson. Setelah resmi dijual di AS dan Eropa, kini model baru itu bakal mengaspal di India.

Kehadiran motor listrik LiveWire telah dipersiapkan selama lima tahun. Pada bulan lalu, Harley-Davidson akhirnya membuka selubungnya, dengan banderol mulai dari US$29.799 atau setara Rp423,8 juta. 

Baca juga: 5 Fakta Bule Kung Fu yang Mengamuk di Bali

Terkait spesifikasi, LiveWire dibangun di atas kerangka aluminium, yang membuatnya jadi ringan. Jantung penggeraknya berasal dari motor listrik, bertenaga 104,6 daya kuda dan torsi 116 Newton meter.

Meski lahir sebagai sepeda motor masa depan ramah lingkungan, sepeda motor ini mampu melaju dari nol hingga 100 kilometer per jam dalam hitungan 3,5 detik. Dengan kondisi baterai penuh, LiveWire mampu menjelajah hingga jarak 235 kilometer.

Beberapa waktu lalu, bos Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Sahat Manalu pernah mengatakan, ia sudah mencoba motor tersebut di Amerika Serikat.

“Saya bilang, enggak ada suara. Sebagai diler, saya melihat yang komentar tentang suara itu pasti banyak, maka akan dipertimbangkan lagi,” ujarnya menjelaskan motor Harley Davidson tersebut.