Motor Canggih Eropa Bakal Mengaspal di Indonesia?

Sepeda motor listrik Peugeot e-Metropolis
Sumber :
  • ebike-generation

VIVA – Dunia otomotif saat ini sedang dilanda teknologi listrik. Para produsen berlomba-lomba merancang kendaraan canggih, yang sama sekali tidak menghasilkan polusi udara.

Jenisnya bermacam-macam, mulai dari mobil, truk hingga sepeda motor. Teknologi yang disematkan juga berbeda-beda. Ada yang hibrida dan ada juga yang seluruhnya digerakkan hanya dengan setrum.

Indonesia menjadi salah satu negara yang turut serta mengembangkan industri kendaraan listrik. Hal itu tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2019, yang membahas soal percepatan elektrifikasi kendaraan.

Bicara soal sepeda motor listrik, pabrikan dari Prancis, yakni Peugeot Motorcycle mengaku sudah melakukan riset tentang hal itu. Mereka bahkan sudah memiliki unit jadi.

“Kami punya e-Metropolis, 2.0 dan e-Ludix. Sudah kami kenalkan di EICMA 2018 (pameran motor internasional di Italia),” ujar Chief Executive Officer Peugeot Motorcycle Indonesia, Satya Saptaputra di Jakarta, Minggu 20 Oktober 2019.

Meski sudah memiliki lini motor yang ramah lingkungan, namun Satya mengaku belum berniat untuk memasarkannya di Indonesia. Sebab, ada syarat yang dianggap cukup berat di Perpres yang diteken Presiden Jokowi.

“Peraturan yang baru itu menyatakan, boleh impor namun komponen lokalnya pada 2020 harus sudah 40 persen. Itu tantangan luar biasa, karena kalau tidak ada produsennya di sini, bagaimana mau mencapai angka itu,” tuturnya.

Menurut Satya, yang paling berat dari syarat tersebut adalah soal ketersediaan baterai. Sementara, komponen lainnya masih bisa didapatkan relatif mudah.

“Yang paling penting baterai, itu yang harus siap di Indonesia. Karena, baterai itu kan universal. jadi semua merek pakai produsen baterai itu-itu saja di seluruh dunia,” ungkapnya.