Honda Siapkan CBR Penantang Ninja 250 Empat Silinder

Honda CBR250RR
Sumber :
  • Wahana Artha Group

VIVA – Pada pameran Tokyo Motor Show 2019 yang digelar di Jepang, Kawasaki membuka selubung motor baru. Kuda besi tersebut mengusung mesin empat silinder berkapasitas 250cc, dan diberi nama ZX-25R.

Oleh para penggemarnya di Indonesia, motor jenis sport itu lebih dikenal dengan nama Ninja 250. Kehadirannya sudah ditunggu banyak pihak, mereka penasaran dengan performa yang dihasilkan mesin baru tersebut.

Dilansir dari Greatbiker, Selasa 29 Oktober 2019, Honda rupanya tidak mau tinggal diam. Produk CBR250RR andalan mereka, selama ini diatur untuk menjegal penjualan merek yang akrab disebut geng hijau itu.

Kabar yang beredar, Honda sedang sibuk menyiapkan CBR250RR versi baru. Motor bermesin dua silinder itu akan ditingkatkan performanya, agar bisa menyaingi laju Ninja 250.

Tidak disebutkan, apa saja ubahan yang akan dilakukan oleh Honda. Namun, besar kemungkinan mereka bakal mengganti knalpot dari dua pembuangan menjadi satu. Hal itu dilakukan, demi mengurangi hambatan gas buang.

Selain itu, langkah lain yang bisa diterapkan untuk mendongkrak performa mesin adalah dengan mengatur ulang sistem engine control unit atau ECU. Honda harus memutar otak, bagaimana mendapatkan tambahan tenaga tanpa melanggar standar emisi gas buang yang semakin ketat.

Sebagai informasi, mesin CBR250RR saat ini menghasilkan tenaga 38 daya kuda. Honda berharap, ubahan yang mereka lakukan bisa membuat angkanya lebih dari 40 daya kuda.

Kawasaki Ninja 250 terbaru, hingga saat ini belum diketahui performanya. Namun, versi yang saat ini beredar mengusung mesin dengan tenaga 38 daya kuda, sama dengan CBR250RR.