Honda Jual 4 Juta Unit Motor selama 11 Bulan

Stan Astra Honda Motor di pameran IIMS Motobike Expo 2019 di Jakarta
Sumber :
  • Viva.co.id/ Febrika Indirawati

VIVA – Berbeda dengan mobil, penjualan sepeda motor di Indonesia masih menggairahkan. Hal ini terbukti, dari terus naiknya angka distribusi setiap tahun.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia atau AISI, pada 2018 ada 6,3 juta unit sepeda motor yang didistribusikan. Angka ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yang hanya 5,8 juta unit.

Sementara itu, penjualan motor dari Januari hingga Oktober 2019 sudah tercatat 5,5 juta unit. Rata-rata, setiap bulan ada 500 ribu kuda besi yang laku di pasaran. Artinya, ada kemungkinan angka penjualan tahun ini mencapai 6,5 juta unit.

Dari jumlah tersebut, motor merek Honda mendominasi pasar. Menurut Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya, hingga November perusahaannya menguasai pasar sebesar lebih dari 68 persen.

“Hingga saat ini, total penjualan Honda sekitar 4,1 juta unit. Dibanding periode yang sama tahun lalu, tumbuh empat persen,” ujarnya di acara Honda Bikers Day 2019, di Ambarawa, Jawa Tengah, Sabtu 30 November 2019.

Thomas menjelaskan, skuter matik masih mendominasi penjualan AHM. Bahkan, tahun ini jumlahnya naik tujuh persen dari tahun sebelumnya. Sayangnya, segmen lain justru mengalami penurunan.

“Bebek turun delapan persen, dan sport 17 persen,” tuturnya.

Hingga akhir tahun ini, AHM berharap bisa menjual 4,8 unit sepeda motor berbagai model. Thomas mengaku, tidak berharap banyak adanya peningkatan besar.

“Tahun lalu 4,7 unit, kami berharap tahun ini bisa 4,8 juta unit,” ungkapnya.