Generasi Baru Vario dan PCX Bakal Lebih Kencang dari NMax

Honda PCX 150
Sumber :
  • Dok: AHM

VIVA – Saat Yamaha menghadirkan NMax, beberapa pengguna Honda Vario 150 dan PCX 150 merasa sedikit kecewa. Motor mereka memiliki kapasitas mesin sedikit lebih kecil dari andalan Yamaha tersebut.

Di atas kertas, NMax menggunakan mesin satu silinder berkapasitas 155cc, lengkap dengan empat klep. Sementara, Vario dan PCX hanya berkapasitas 149cc dengan dua klep.

Tenaga yang dihasilkan dua motor andalan Honda mencapai 14,7 daya kuda dan torsi 13,2 Newton meter. Sedangkan, NMax bisa mengeluarkan tenaga 15,1 daya kuda dan torsi 13,9 Nm.

Namun, hal itu akan segera berubah. Dilansir dari laman resmi Honda Eropa, Kamis 19 Desember 2019, pabrikan motor berlogo sayap mengepak itu kini memiliki mesin baru dengan teknologi enhanced Smart Power Plus atau eSP+.

Mesin tersebut memiliki spesifikasi dua klep, namun dengan tambahan pengaturan bukaan klep, sama seperti Variable Valve Actuation milik NMax.

Tak hanya itu, eSP+ juga sudah dihadirkan pada seri SH150i, skuter matik Honda terbaru yang memakai mesin anyar. Perbedaan dari versi sebelumnya, ukuran piston dibuat lebih besar, sehingga kapasitasnya naik menjadi 157cc.

Dengan rancangan baru tersebut, tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 16,5 daya kuda dan torsi 14,8 Nm. Artinya, secara teori motor ini mampu melesat lebih kencang dari Nmax.

Yang menarik, mesin tersebut dikabarkan bakal segera disematkan pada seri Vario 150 dan PCX 150. Bukan tidak mungkin, nantinya juga bakal dipasang ke ADV 150.