Bikin Motor Jokowi Kayak Ngebangun Rumah

Motor custom Kawasaki W175 milik Presiden Jokowi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Salah satu sepeda motor yang menyita perhatian masyarakat Indonesia di 2019, adalah milik Presiden Jokowi. Mengusung model chopper, motor ini awalnya adalah Kawasaki W175 berbentuk klasik.

Pemilik bengkel Katros Garage, Andi Akbar atau biasa disapa Atenk, dipercaya untuk mengubah tampilan motor tersebut. Dalam video yang ia unggah di YouTube, dilansir Selasa 31 Desember 2019, Atenk menceritakan bagaimana proses pembuatannya.

“Tahap awal, semua bodi standar dilepas. Kemudian rangka kami bawa ke salah satu rekanan, karena waktu pengerjaannya tidak banyak,” ujarnya.

Modifikasi rangka diperlukan, karena wujud motor akan diubah sesuai desain yang telah disetujui Jokowi. Uniknya, proses modifikasi dilakukan dengan menggunakan cara yang mirip seperti membangun rumah.

“Kami pakai jig, kemudian dibentangkan benang dari depan ke belakang. Tujuannya, supaya pengerjaannya presisi, enggak miring-miring hasilnya,” tuturnya.

Setelah selesai, kemudian rangka dicat dengan kelir hitam pekat. Untuk bodi, dipilih warna hijau. Atenk juga menjelaskan, bahwa ia harus merancang ulang tempat aki dan dudukan untuk lampu-lampu.

“Lampunya sudah LED, lampu sein dan lampu belakang juga LED. Kabel-kabelnya disimpan di dalam rangka, biar kelihatan rapi,” jelasnya.

Penasaran proses lengkap pengerjaan motor tersebut? Simak videonya di bawah ini: