Banyak Orang Indonesia Beli Motor Enggak Lihat Harga

Pameran sepeda motor.
Sumber :
  • Honda

VIVA – Menurut data dari Korps Lalu Lintas Polri, jumlah sepeda motor di Indonesia saat ini ada 107 juta unit. Angka itu hampir setengah dari jumlah penduduk di Tanah Air.

Kondisi jalanan, kebiasaan pengguna hingga fitur yang ditawarkan, adalah sebagian dari alasan mengapa peminat sepeda motor banyak sekali.

Apalagi, saat ini tersedia versi transmisi otomatis. Tak heran, apabila angka penjualan motor per tahun di Indonesia mencapai lebih dari enam juta unit.

Belum lagi model yang ditawarkan beragam. Para produsen saling berlomba menghadirkan produk yang tak hanya menarik, namun juga sesuai dengan kebutuhan dan bisa dijadikan sebagai pelengkap gaya hidup.

Baca Juga: Honda Indonesia ‘Kalem” Kawasaki Hadirkan Ninja 4 Silinder

Harga yang semakin mahal seiring pergantian tahun, seolah tak membuat konsumen takut. Bahkan, ada model yang baru saja diluncurkan dan belum ada harganya, tapi yang antre memesan sudah mengular.

Itu sebabnya, tidak salah apabila Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya mengatakan bahwa harga bukan jadi faktor utama bagi sebagian besar orang Indonesia, saat membeli sepeda motor.

“Kalau di Indonesia, yang pertama dari sisi desain, kemudian fitur. Ketiga biasa dengan kapasitas mesin, keempat terkait dengan harga," ujarnya di Jakarta, Jumat 7 Februari 2020.

Tapi, Thomas mengaku bahwa tidak semua desain diminati. Contohnya, skuter matik bergaya Eropa, Honda SH150i.

“Kami waktu itu mencoba, seolah-olah yang elegan seperti motor Eropa. Cuma, ternyata memang di Indonesia segmen motor seperti itu belum besar," tuturnya.