Motor Ini Dibangkitkan dari 'Kubur'

Royal Enfield Meteor edisi baru
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA – Para produsen sepeda motor umumnya merancang model baru, dengan berorientasi pada desain masa depan. Mulai dari wujudnya, hingga fitur-fitur yang dibenamkan.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi Royal Enfield. Pabrikan yang dahulu berbasis di Inggris ini, selalu menawarkan produk dengan tampilan klasik.

Model yang mereka tawarkan, diambil dari unit yang pernah dijual di masa lampau. Begitu juga dengan penamaannya. RE seolah ingin menjaga citra mereka, yang dikenal sebagai spesialis kendaraan klasik.

Dilansir dari Greatbiker, Senin 2 Maret 2020, produsen motor yang kini menjalankan aktivitas produksi di India itu bakal menghadirkan model baru, dan tentunya bernuansa masa dulu.

Motor yang dimaksud adalah Meteor, yang pernah diproduksi dan dijual pada 1953 hingga 1962. Zaman dulu, kapasitas mesinnya 700cc. Tapi, kini model tersebut akan memakai mesin sama dengan Classic, yakni 350cc.

Tampilannya tidak jauh berbeda dari model RE lainnya, Meteor diberikan bodi dengan unsur bulat yang mendominasi. Suspensi depannya masih teleskopik, tapi sudah dibekali rem cakram.

Jok dirancang hanya satu, dan diberi pegas ala motor klasik untuk meredam guncangan. Meski demikian, RE tetap menambah suspensi ganda di bagian belakang.

Meteor klasik dibekali dengan mesin dua silinder. Tapi, dengan mengecilnya kapasitas mesin pada model baru, dipastikan jumlah silindernya hanya satu. Tenaga yang dihasilkan yakni 19,8 daya kuda dan torsi 28 Newton meter.

Sayangnya, belum ada informasi soal harga serta kapan motor ini bakal resmi dipasarkan. Namun, melihat model RE lain yang dijual di Indonesia dengan banderol di atas Rp70 juta, ada kemungkinan harga Meteor tidak jauh berbeda.