Motor Baru Ini Harganya Cuma Rp6 Jutaan, Bebas BBN

Motor listrik Xiamo Himo T1
Sumber :
  • Motosaigon

VIVA – Setiap orang tentu ingin memiliki kendaraan pribadi yang efisien dalam hal biaya penggunaan. Mulai dari harga murah, irit bahan bakar hingga terjangkaunya biaya servis rutin.

Salah satu solusi yang bisa dipilih, yakni memiliki kendaraan listrik. Biaya pengecasan baterai lebih murah ketimbang membeli bahan bakar bensin, dan komponen yang digunakan tidak sebanyak yang ada di mesin konvensional.

Sayangnya, harga yang ditawarkan untuk produk kendaraan listrik masih cukup mahal. Masyarakat juga ragu akan daya tahannya, serta kekhawatiran akan arus listrik yang berpotensi menimbulkan bahaya.

Xiaomi berusaha mematahkan semua anggapan itu, dengan menghadirkan sepeda motor berbasis listrik. Dikutip dari Motosaigon, Senin 2 Maret 2020, kendaraan baru itu diberi nama Himo T1.

Baca Juga: Helm Kocak, Penanak Nasi

Desainnya dibuat minimalis dan mirip dengan skuter matik. Bodi hanya menyelimuti sedikit bagian depan, serta bawah jok. Motor ini hanya dapat digunakan oleh satu orang saja, karena bagian belakangnya difungsikan untuk membawa barang.

Semua lampu sudah menggunakan light emitting diode atau LED, yang hemat energi namun bisa menghasilkan pencahayaan maksimal. Sistem pengereman depan memakai cakram, sementara roda belakang masih tromol.

Meski bentuknya mirip sepeda kayuh, tapi T1 dibekali dengan suspensi depan model teleskopik. Sementara itu, di belakang ada peredam kejut ganda untuk memberi kenyamanan pada pengendaranya.

Motor ini menggunakan gabungan dinamo dan baterai, yang mampu menempuh jarak 120 kilometer dalam satu kali cas. Sayangnya, kecepatan tertingginya hanya 25 km per jam.

Himo T1 sudah mulai dijual di beberapa negara. Banderolnya di Thailand yakni 13.400 Baht, atau jika dikonversi menjadi sekitar Rp6 jutaan.

Jika hadir di Jakarta, maka motor ini tidak perlu membayar bea balik nama atau BBN. Sebab, Pemerintah Provinsi DKI sudah membebaskan kendaraan listrik dari kewajiban pembayaran bea tersebut.