6 Penyakit Ini Sering Menyerang Para Pengendara Motor

Berkendara sepeda motor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA – Mengendarai sepeda motor menjadi salah satu cara yang efektif, untuk bisa tiba di tujuan dalam waktu lebih cepat. Tak heran, apabila banyak yang mengandalkan kendaraan bermotor itu sebagai alat transportasi sehari-hari.

Sayangnya, masih banyak yang tidak mengetahui atau peduli, bahwa ada beberapa penyakit yang dengan mudah menjangkiti para pemotor.

Salah satu contohnya, seperti dilansir dari laman resmi Wahana Honda, Senin 2 Maret 2020, yakni Bell’s Palsy. Penyakit ini menyerang otot saraf wajah manusia. Gejalanya mirip dengan stroke ringan, mulai dari muka terasa kebas, hingga otot saraf muka yang gak bisa dikendalikan.

Penyebabnya adalah angin dingin, yang menerpa wajah pengendara motor, membuat otot saraf mengkerut dan menghimpit otot muka. Solusinya mudah, yakni dengan memanfaatkan kaca helm untuk melindungi muka.

Selain itu, ada juga penyakit Tinnitus, yakni muncul bunyi mendenging pada telinga. Semakin sepi suasana, maka dengungan akan semakin mengganggu.

Penyakit ini muncul, akibat terlalu sering mendengar kebisingan. Cara penyembuhannya, dengarkan nada khusus yang dikenal dengan nama White Noise. Lakukan ini saat kamu sedang bersantai atau tidur.

Gangguan saluran pernafasan juga menjadi penyakit yang kerap menjangkiti para pemotor. Solusinya sangat mudah, gunakan jaket ketika berkendara.

Terlalu lama duduk di motor, bisa membuat Wasir muncul. Mereka yang jarang minum air putih, biasanya yang sering menderita penyakit ini. Usahakan sering beristirahat dan mengubah posisi duduk.

Penyakit terakhir, yakni iritasi mata. Umumnya, mereka yang mengenakan helm tanpa kaca berpotensi menderita penyakit ini.