Sepi Orderan, Ojol Ini Bertaruh Nyawa Amankan Pengguna Jalan

Pengendara ojol membersihkan ranjau paku
Sumber :
  • Tangkapan layar Instagram

VIVA – Para pengendara ojek online belakangan ini kerap jadi sorotan di media sosial. Mereka termasuk golongan pekerja informal, yang terkena dampak dari wabah virus corona di Indonesia.

Demi memutus rantai penyebaran virus, pemerintah DKI memberlakukan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB. Hal ini kemudian diikuti oleh beberapa wilayah lain, yang berada di sekitar Jakarta.

Efeknya, para pengendara ojol tidak diperbolehkan membawa penumpang. Pesanan antar makanan juga menurun, karena warga banyak yang memasak sendiri di rumah.

Untuk membantu meringankan beban mereka, beberapa kalangan kemudian memberikan bantuan. Mulai dari skala kecil yang hanya sekadar memberi tip, hingga membagikan makanan serta uang di jalan.

Meski niatnya baik, sayangnya pembagian bantuan itu justru mendapat kritik dari warganet. Ada yang berpendapat, masih banyak kaum lain yang juga membutuhkan, namun kurang mendapat perhatian. Ditambah lagi, tidak tertibnya beberapa oknum ojol saat pembagian sembako.

Walaupun begitu, ternyata masih banyak pengendara ojol yang berhati mulia dan mau bekerja keras. Ada yang dipuji oleh warganet, karena gigih melakoni dua pekerjaan sekaligus.

Pengendara ojol yang satu ini, juga menjadi sorotan karena kebaikannya. Dilansir dari @newdramaojol.id, Kamis 16 April 2020, ia rela bertaruh nyawa dengan melangkah menyusuri sisi jalan yang ramai.

Dalam video, ojol tersebut tampak membawa tongkat besi. Sembari berjalan, ia mengarahkan tongkat itu ke titik-titik tertentu. Rupanya, ia sedang mencari paku yang sepertinya sengaja disebar untuk menjebak pengguna jalan.

Meski banyak kendaraan yang lewat, namun ia tidak khawatir dan terus mengamankan ranjau paku yang ada di jalanan tersebut.

“Gabut berkah..bantuin pengendara agar ga kena ranjau paku..klo bisa dapet 5kg sehari bisa dijual kayaknya...sehat terus pakde,” tulis warganet.

“Lumayan bisa di kilo dri pd orderan anyeb,” komentar warganet lain.