Kabar Gembira Bagi Driver Ojol, Wajib Tahu

Grab.
Sumber :
  • Saigoneer

VIVA – Pengendara ojek online menjadi salah satu yang terkena dampak cukup besar, akibat adanya pembatasan sosial berskala besar yang dilakukan untuk memutus rantai penyebaran virus COVID-19.

Untuk membantu meringankan mitra mereka, Grab Indonesia sebagai salah satu penyedia layanan ojol bekerja sama dengan PT Teknologi Pengangkutan Indonesia (TPI). Mereka meluncurkan program, yang berlaku untuk semua pengemudi TPI dan tanpa verifi.

Baca juga: Peristiwa Tabrakan Ini Justru Bikin Netizen Ngakak

Sebelumnya, Grab telah berhasil menjembatani  proses restrukturisasi kredit bagi mitra pengemudi dengan perusahaan pembiayaan dari grup OTO dan BCA Finance. Dengan TPI, mereka menggelar program dalam dua klasifikasi, yakni Gold dan Flexi+, serta Sahabat Rental.

Paket relaksasi ini dijalankan dalam beberapa fase waktu, yakni April-Mei dan Juni dan setelahnya. Pada fase pertama, pengemudi Gold dan Flexi+ diberi penundaan pembayaran biaya penyewaan selama dua bulan. Sementara untuk pengemudi Sahabat Rental, dibebaskan dari biaya rental periode April-Mei 2020, serta mendapat asuransi kesehatan dan jiwa senilai Rp10 juta. 

“Kami mencari solusi yang merupakan titik temu dari semua pihak, pengemudi tentu perlu dibantu dan TPI juga menjaga kelangsungan bisnisnya. Prinsip dari program relaksasi ini adalah win-win dan transparansi,” ujar Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi melalui keterangan resmi, Kamis 28 Mei 2020.

Memasuki fase kedua yang akan berjalan pada bulan Juni, pengemudi Gold dan Flexi+ hanya akan membayar 25 persen dari kewajiban setiap bulan. Sementara, kategori Sahabat Rental untuk TPI area Jakarta hanya membayar biaya sewa Rp50 ribu per hari.

“Dalam kondisi seperti ini, kami memprioritaskan yang paling utama, yaitu mitra tetap dapat beroperasi dengan memaksimalkan peluang yang ada,” tuturnya.

Selama pandemi COVID-19, Grab telah menggelar sejumlah program untuk membantu mempertahankan pendapatan mitra-mitranya, baik mitra pengemudi GrabCar dan GrabBike, serta mitra merchant GrabFood dan Grab Kios. 

Bulan depan, mereka akan mengadakan Grab Protect, yakni mobil dengan penyekat antara pengemudi dan penumpang, penggunaan masker dan hand sanitizer, serta standar perawatan kebersihan dan kesehatan yang sesuai dengan protokol penanganan COVID-19.

“GrabProtect merupakan bentuk nyata dari GrabForGood, dalam memberikan dampak positif  dari setiap inovasi teknologi yang kami hadirkan. Kami berharap ini dapat melindungi masyarakat yang masih harus melakukan aktivitas di luar rumah selama PSBB,” jelasnya.