Berita Terbaru Adik Yamaha Nmax, Lebih Kencang dari Honda Vario

Yamaha Cygnus X 125
Sumber :
  • Rushlane

VIVA – Berita terkini dari dunia otomotif, pasar roda dua akan diramaikan dengan produk baru dari Yamaha, yakni Cygnus-X 125. Sepeda motor jenis skuter matik ini, beberapa waktu lalu tertangkap kamera sedang duiji jalan di India.

Wujudnya mirip dengan skuter matik Yamaha yang masuk dalam produk Maxi Scooter mereka, Nmax 155. Tak heran, apabila banyak yang menyebut motor ini sebagai adik dari motor sejuta umat itu.

Baca juga: Jual Mobil ke Diler Ini Dapat Tambahan Rp4 Juta

Salah satu fitur yang ditanam pada motor baru itu, yakni panel instrumen dengan teknologi digital. Dengan begitu, pengendara bisa memantau kondisi motor dengan mudah, seperti kecepatan dan konsumsi bahan bakar. Informasi lain seperti jarak tempuh dan sisa bahan bakar, juga ditampilkan pada layar.

Dilansir VIVA Otomotif dari Rushlane, Senin 15 Juni 2020, Yamaha Cygnus-X 125 menggunakan mesin satu silinder berkapasitas 125cc. Awalnya, motor ini disematkan pendingin udara, namun kemudian diubah menjadi pendingin cairan.

Sistem radiator dianggap ampuh untuk meredam panas, yang muncul akibat efek pembakaran bensin dan udara. Dengan menjaga suhu mesin lebih rendah, maka performa yang dihasilkan sedikit lebih baik dari pendinginan angin.

Menurut bocoran data yang muncul di dunia maya, mesin Yamaha Cygnus-X 125 sebelumnya hanya menghasilkan tenaga 9,8 daya kuda dan torsi 9,9 Newton meter. Setelah diganti dengan pendingin cairan, tenaganya naik menjadi 12,23 dk, lebih tinggi dari Honda Vario 125 yang hanya 10,9 dk.

Selain tenaga yang lebih besar, efek lain yang dihasilkan dari ubahan tersebut adalah mesin bisa bekerja dalam putaran yang lebih tinggi. Jika sebelumnya tenaga puncak didapat pada 7.500 rotasi per menit, maka kini bisa dipacu hingga 8.000 rpm.