Pesaing Ninja ZX-25R Meluncur Bulan Depan di Indonesia

Bocoran Honda CBR250RR baru
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA – Kawasaki baru saja membuat gebrakan di Indonesia, dengan meluncurkan Ninja ZX-25R. Perbedaan motor ini dengan Kawasaki Ninja 250, adalah menggunakan mesin empat silinder.

Dengan konfigurasi tersebut, putaran mesin bisa mencapai angka 17 ribu rotasi per menit. Raungan knalpotnya terdengar mirip dengan motor yang biasa dipakai untuk balapan sirkuit.

Tersedia dalam dua varian, Kawasaki Indonesia menawarkan Ninja ZX-25R dengan banderol mulai dari Rp96 juta, berstatus on the road Jakarta. Sementara, versi yang dibekali rem anti-lock braking system dibanderol Rp112,9 juta.

Kehadiran Ninja ZX-25R otomatis akan mengganggu pasar motor sport berkapasitas mesin 250cc, yang saat ini diisi oleh Honda CBR250RR dan Yamaha R25. Harga kedua model itu ada di angka Rp60-70 jutaan.

Baca Juga: Tipis-tipis Ninja 250 Baru dengan BMW 300cc

Dilansir VIVA Otomotif dari Motosaigon, Selasa 21 Juli 2020, Honda dikabarkan sedang menyiapkan versi baru dari CBR250RR. Kuda besi ini akan mendapat beberapa fitur tambahan, agar lebih agresif ketika dikendarai di jalanan. Peluncurannya akan dilakukan pada Agustus 2020.

Tiga fitur yang disebut-sebut bakal hadir, yakni smartkey, quickshifter dan slipper clutch. Fitur yang pertama berfungsi sebagai pengaman, pengendara tidak perlu menggunakan kunci saat hendak menghidupkan mesin.

Sementara, quickshifter sangat berguna ketika pengendara sedang memacu motor dan memindahkan gigi tanpa perlu mengaktifkan tuas kopling. Terakhir, ada slipper clutch yang dipakai untuk menurunkan gigi transimisi tanpa adanya hentakan akibat engine brake.

Honda dikabarkan masih akan menyematkan mesin dua silinder pada model ini, namun ada informasi bahwa mereka mengubah beberapa komponen agar tenaga yang dihasilkan bisa lebih dari 38 daya kuda. Sebagai perbandingan, Ninja ZX-25R memiliki tenaga 50 daya kuda.